E-Recruitment Graphic Designer Di Lkp Hitech Course Center Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas)

Authors

  • Abdi Surya Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Ishak I STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1751

Abstract

            Lembaga Kursus dan Pelatihan(LKP) Hitech Course Center merupakan suatu lembaga informal yang bergerak dibidang ilmu kumputer, desain grafis (graphic design) dan jaringan yang saat ini begitu digemari dan menjadi pilihan yang sangat menjanjikan. Dimana lembaga ini bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dan memiliki mutu dan kualitas dalam bidang ilmu komputer dan jaringan. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas diperlukannya tenaga kerja yang kompeten dalam bidangnya. Namun pada proses perekrutan belum menggunakan system yang terkomputerisasi atau masih dilaksanakan secara manual, sehingga dalam proses penyeleksian tenaga kerja tersebut terdapat beberapa data yang tidak akurat.    Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu merekrut tenaga kerja sebagai graphic designer di Lkp Hitech Course Center. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut  adalah Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) yaitu dengan cara normalisasi linier dari elemen matriks keputusan dengan menggunakan dua persamaan.                 Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu instansi LKP Hitech Course dalam menyeleksi tenaga kerja yang berkualitas dan kompeten. Dimana, sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada instansi yang lain.

References

Terttiaaviani and S. Agustri, “Sistem Informasi E-Recruitment Dosen Pada Perguruan Tinggi Swasta,†2016.

B. Yekti, “Peranan Perangkat Lunak Grasis Sebagai Pembentuk Pesan Persuasif Dalam Iklan Cetak,†pp. 197–215, 2018.

A. Gracia, A. Chan, and Rivani, “Analysis Of Implementation E Recruitment At PT.X,†vol. 3, no. 1, pp. 13–19, 2018.

H. Ariantono, M. Sudarma, and P. Arya Mertasana, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kenaikan Posisi Jabatan Pada Instansi Pemerintahan Dengan Metode Profile Matching,†J. Ilm. SPEKTRUM, vol. 2, no. 3, pp. 38–43, 2015.

Fadlina, S. Melani, R. O. Finola, and E. Verawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Bintara Polri dengan Menggunakan Metode ( WASPAS ),†pp. 108–113, 2018.

S. Damanik and J. S. S. Lase, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode ROC dan WASPAS,†pp. 604–608, 2019.

Downloads

Published

2022-07-22

URN