Menentukan Lensa Kacamata Yang Tepat Pada Penderita Mata Silinder Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • M. Syaifuddin STMIK Triguna Dharma
  • Tri Rahmad Danu STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.1748

Abstract

Mata merupakan suatu organ yang membantu manusia dalam melihat, apabila mata tidak dijaga kesehatannya maka manusia tersebut akan mengalami rabun jauh(silinder) atau bahkan kebutaan, Hal tersebut terjadi dikarenakan terus-menerus melakukan aktivitas sehari-hari yang kurang baik, Mata Astigmatisme atau silinder adalah  panjang kornea antara horizontal dan vertikal yang tidak sama. Sulitnya menentukan lensa yang tepat pada penderita mata silindir membuat proses pemilihan lensa kacamata menjadi kurang efisien. Maka dari itu untuk menentukan pemilihan lensa kacamata yang tepat pada penderita mata Astigmatisma atau silinder, dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan metode AHP dalam menentukan lensa kacamata yang tepat pada penderita mata Astigmatisma atau silinder.                Sistem informasi berbasis web yang dirancang dan diimplementasikan menggunakan metode AHP dapat membantu dan memudahkan pihak optik dan customer dalam menentukan jenis lensa kacamata yang tepat pada para penderita mata Astigmatisma atau silinder

References

Anas, “Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ),†vol. 4, no. 1, 2019.

I. Purnamasari and D. Novitasari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dealer Honda Terbaik Dengan Menggunakan Metode Ahp,†Prociding Kmsi, no. 0729, pp. 207–212, 2018.

R. M. Munthe and A. S. Rms, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Karyawan Terbaik Dengan Metode AHP,†vol. 3, no. 2, pp. 119–125, 2018.

A. Rikki, Murni Marbun, and Jonson R. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode SAW Pada PT. Karya Sahata Medan,†J. Informatics Pelita Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 38–46, 2016.

M. Citra and E. Wajah, “Jurnal Mantik,†vol. 3, no. January, pp. 31–38, 2020..

E. Fitriatun, “Meningkatkan Volume Penjualan Produk Kacamata Toko Optik,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

B. A. B. Ii, “Aplikasi Pemilihan Kacamata…, Sinta Rachmani Damayanti, Fakultas Teknik UMP, 2016.

S. Fathimah, S. Suryatiningsih, and S. K. Sari, “Aplikasi Diagnosis Kelainan Refraksi Mata Dan Tips Perawatan Mata Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 7, no. 2, p. 153, 2015.

N. Dicky and D. Sarjon, Multi Criteria Desicion Making (MCMD). DEEFPUBLISH, 2017.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

Downloads

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN