Penerapan Algoritma AES 128 Bit Untuk Keamanan Data Peminjaman Senjata Api Pada DENPOM I/5 Medan

Authors

  • Yoga Arif Wibowo STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Beni Andika STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.1747

Abstract

Untuk Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Data peminjaman merupakan salah satu data yang bersifat rahasia yang hanya dapat dilihat oleh pihak-pihak tertentu yang di beri wewenang dan tanggung jawab.Detasemen Polisi Militer I/5 Medan adalah salah satu Instansi Pemerintah  yang harus menjaga data peminjaman senjata api agar tidak disalah gunakan atau dimanipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tentu akan menimbulkan kerugian besar bagi Instansi.Dalam hal ini diperlukan sebuah sistem dalam pengamanan data yang dapat melakukan penyandian dan pengacakan sebuah informasi yang berbasis komputer. Pengamanan ini dilakukan dengan menerapkan sebuah algoritma kriptografi yang bertujuan untuk mengenkripsi dan dekripsi sebuah pesan text. Algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma AES (Advanced Encryption Standard). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem keamanan data peminjaman senjata api dapat mengamankan data peminjaman dengan baik dan menghindari terjadinya penyalahgunaan atau manipulasi data oleh orang-orang yang tidak memiliki wewenang atas data tersebut.

References

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,†InForm. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, p. 20, 2016.

E. R. Agustina and A. Kurniati, “Pemanfaatan Kriptografi dalam Mewujudkan Keamanan Informasi pada e-Voting di Indonesia,†Agustina, Esti Rahmawati Kurniati, Agus, vol. 2009, no. semnasIF, pp. 22–28, 2009.

A. F. Marisman and A. Hidayati, “Pembangunan Aplikasi Pembanding Kriptografi Den-Gan Caesar Cipher Dan Advance Encryption Standard (AES) Untuk File Teks,†pp. 213–222, 2015..

A. P. Widyassari, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan untuk Kenaikan Gaji pada PT AAA,†Intensif, vol. 1, no. 2, pp. 92–101, 2017..

Ilhamsyah, “Jurnal Coding Sistem Komputer Untan Jurnal Coding Sistem Komputer Untan ISSN : 2338-493X,†vol. 05, no. 1, pp. 68–79, 2017.

R. Sadikin, Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java, I. ANDI Yogyakarta, 2018.

A. Arif and P. Mandarani, “Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard ( AES ) 128 Bit Pada Sistem Keamanan Short Message Service ( SMS ) Berbasis Android,†Teknoif, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2016..

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN