Mengestimasi Tunggakan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Menggunakan Motode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Sumihar Gultom STMIK Triguna Dharma Medan
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma Medan
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1745

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan adalah pajak kebendaan atas bumi dan bangunan yang dikenakan terhadap orang pribadi atau badan yang secara nyata mempunyai hak dan memperoleh manfaat atas bumi dan menguasai, memperoleh manfaat atas bangunan.Direktorat Jenderal Wajib Pajak Wilayah I bertugas untuk mengambil atau memungut wajib pajak dari setiap wajib pajak bumi dan bangunan. Sehingga terkait dengan masalah pembangunan. Karena pembangunan itu bersumber dananya dari wajib pajak. Sehingga jika pajak bumi dan bangunan tertunggak maka otomatis pembangunan infrasturktur atau bantuan masyarakat pasti tertunda.Salah satu cara untuk mengestimasi jumlah tunggakan pajak bumi dan bangunan dapat menggunakan data mining. Dimana data mining merupakan teknologi baru yang sangat berguna untuk membantu menemukan informasi yang sangat penting dari gudang data. Menurut Gartner Group, data mining adalah proses menemukan hubungan baru yang mempunyai arti, pola dan kebiasaan dengan memilah sebagian besar data yang disimpan dalam media penyimpanan dengan menggunakan teknologi pengenalan pola seperti metode regresi linier berganda. Tujuan data mining untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar.Dengan membangun sistem ini dapat membantu para pegawai  untuk mengestimasi pajak bumi dan bangunan.

References

E. H. Sihombing and D. Novitri, “ANALISIS EFEKTIFITAS PENCAIRAN TUNGGAKAN PAJAK DAN PENERIMAAN PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN KOTA,†Hilos Tensados, vol. 1, no., pp. 1–476, 2019.

P. Kemala Dewi Lubis, “ANALISIS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA MEDAN,†J. Akuntansi, Keuang. Perpajak. Indones., vol. 151, pp. 10–17, 2015.

Mustakim, C. Bella, and Y. Rizola Pratama, “Prediksi Jumlah Tunggakan Pajak Kendaraan Jatuh Tempo Menggunakan Algoritma Support Vector Regression,†no. November 2017, pp. 1–11, 2019.

Amrin, “DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PERAMALAN TINGKAT INFLASI,†J. Techno Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 1, 2016.

P. S. Ramadhan and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 55–61, 2019.

M. Syafruddin, L. Hakim, and D. Despa, “Metode Regresi Linier Untuk Prediksi Kebutuhan Energi Listrik Jangka Panjang (Studi Kasus Provinsi Lampung),†J. Inform., vol. 2, no. 1, pp.

Downloads

Published

2018-05-29

Issue

Section

Articles

URN