PENERAPAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT DALAM MENENTUKAN GURU UNTUK MENGIKUTI KONFERENSI LAYANAN KOMPETENSI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KAB. ACEH TENGGARA

Authors

  • helpida yana STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1744

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Aceh dalam pemilihan guru yang akan mengikuti konferensi layanan kompetensi masih menggunakan sistem yang manual sehingga guru yang terpilih kurang berkualitas. Untuk itu Pihak Terkait membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk pemilihan guru yang akan mengikuti konferensi layanan kompetensi.                  Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Sistem Pendukung Keputusan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Additive Ratio Assessment. Metode Additive Ratio Assessment adalah sebuah metode yang digunakan untuk perangkingan kriteria, secara konsep metode ARAS ini digunakan dengan metode lain yang menggunakan konsep perangkingan seperti SAW atau TOPSIS, dimana proses penentuan rangking harus di olah kembali dengan menggunakan metode ARAS. Dengan menggunakan Sistem metode Additive Ratio Assessment dapat ditentukan guru berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan.                Hasil dari penelitian ini adalah, untuk merancang program Sistem Pendukung Keputusan dalam pemilihan guru yang akan mengikuti konferensi layanan kompetensi dengan metode Additive Rasio Assessment yang nantinya dapat membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Aceh.

References

A. Suroto et al., “FUZZY INFERENCE SYSTEM MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN TINGKAT ( Fuzzy Inference System Using Tsukamoto Method for Determining Teacher,†vol. XIII, no. 2, pp. 77–95, 2016.

I. N. Agus and A. Dwijayadi, “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Di Kecamatan Buleleng Dengan Metode Analytic Hierarchy Process ( AHP ) Dan Technique for Others Reference By Similarity To Ideal Solution ( TOPSIS ),†vol. 7, pp. 10–19, 2018.

F. Pratiwi, F. T. Waruwu, D. P. Utomo, and R. Syahputra, “Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V,†pp. 651–662, 2019.

R. Lubis and A. Sari, “Implementasi Metode Additive Ratio Assessment

Downloads

Additional Files

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles

URN