Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Pada Tanaman Tembakau (Nicotiana Tabacum) Menggunakan Metode Moora(Multi Objective Optimizion On The Basis Of Ratio Analysis)

Authors

  • Madumaria Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1725

Abstract

Tanaman Tembakau (Nicotiana Tabacum) merupakan salah satu sektor perkebunan yang strategis dalam pembangunan nasional. Untuk membuka suatu agribisnis tembakau perlu diperhatikan varietas bibit yang akan di tanam karena suatu varietas bibit akan memerlukan spesifikasi jenis tanah dan iklim tertentu.Permasalahan pokok dalam tanaman rembakau ini yaitu masih rendahnya teknik pemilihan  bibit yang dikuasai oleh petani karena keterbatasan pengetahuan serta buruknya kualitas bahan tanam (bibit) yang digunakan. Demi menghasilkan tembakau  kualitas terbaik haruslah memenuhi kriteria yang ditentukan. Tetapi dalam penentuan kualitas terbaik bibit tembakau  sudah ditetapkan apa-apa saja kriteria yang harus dinilai namun masih sangat sulit untuk menentukan nilai tertinggi. Maka dari itu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan bibit unggul pada tanaman tembakau (Nicotiana Tabacum) dengan standar penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam tulisan ini akan dibangun sebuah sistem pendukung bibit unggul pada tanaman tembakau (Nicotiana Tabacum)  menggunakan metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis). Dengan menggunakan metode ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan nilai tertinggi namun perhitungannya hanya menampilkan nilai yang tertinggi dan yang terendah sehingga nilai yang tertinggi layak dikatakan sebagai kualitas terbaik.

References

D. A. Duyan, “MENGGUNAKAN FUZZY SUGENO,†vol. 3, no. 1, pp. 85–90, 2019.

B. S. Irfan Fandinata and Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit,†vol. 2, no. 1, pp. 27–36, 2018.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

S. Wardani and S. Ramadhan, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode MOORA Untuk Merekomendasikan Alat Perekam Suara,†J. Teknovasi, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†Algoritm. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6341, no. November, pp. 1–9, 2018.

Downloads

Published

2021-12-30

URN