SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN APPROPRIATENES REQRUITMENT KREDIT PADA RUMAH SUBSIDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUT RATING TECNIQUE) DI J.CITY MEDAN

Authors

  • Vivi Oktariani Lase STMIK Triguna Dharma
  • Ishak I STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.1714

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu sistem yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur. Masalah dalam menentukan konsumen yang layak menerima rumah subsidi, dimana perusahaan J.City masih menggunakan cara perhitungan dalam menentukan konsumen masih secara manual. Sehingga dibutuhkan sistem dalam mempercepat perhitungan dalam setiap kriteria yang telah ditentukan. Dalam mendukung perhitungan dari setiap kriteri maka dibutuhkan suatu metode. Pada saat ini digunakan metode Simple Multi Attribut Rating Tecnique dari perhitungan kriteria tersebut. SMART adalah suatu metode untuk pengambilan keputusan multi kriteria. Hasil penelitian ini adalah yang pertama berdasarkan hasil penerapan metode maka metode tersebut dapat dipergunakan dalam menyelesaikan masalah pada sistem pendukung keputusan untuk menentukan appropriatenes reqruitment kredit pada rumah subsidi, kedua berdasarkan hasil perancangan maka sistem pendukung keputusan untuk menentukan appropriatenes reqruitment kredit pada rumah subsidi dapat menjadi solusi yang konkrit bagi pihak pemasaran J.City, ketiga telah dilakukannya implementasi maka didapat hasil yang sangat sesuai dengan keputusan yang dilakukan secara manual dan layak dipergunakan oleh pihak pemasaran J.City dalam memecahkan masalah yang ada.

References

A. Saleh, “Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank dalam Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Asisten Laboratorium Komputer,†Masy. Telemat. dan Inf., vol. 8, pp. 1–10, 2018.

N. Sesnika, D. Andreswari, and R. Efendi, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Serba Guna Di Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Metode Smart Berbasis Android,†J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 30–44, 2016.

R. Ramadiani and A. Rahmah, “Sistem pendukung keputusan pemilihan tenaga kesehatan teladan menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory,†Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 1, 2019.

D. Novianti, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart ( Simple Multi-Attribute Rating Technique ) ( Studi Kasus : Kota Samarinda ),†Semin. Sains dan Teknol. FMIPA Unmul, pp. 1–5, 2016.

M. Muslihudin and T. F. Abdillah, “Jurnal TAM.,†J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 2, no. 0, pp. 26–32, 2017.

M. Salahudin, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Website Untuk Pemilihan Destinasi Pariwisata Kalimantan Timur Dengan Metode Elimination and Choice Expressing Reality ( Electre ),†vol. 1, no. 1, pp. 64–70, 2016.

D. Nababan and R. Rahim, “Sistem Pendukung Keputusan Reward Bonus Karyawan Dengan Metode Topsis,†Simetris, vol. 3, no. 6, pp. 2–6, 2018.

T. Magrisa, K. D. K. Wardhani, and M. R. A. Saf, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 49, 2018.

Downloads

Published

2019-08-30

URN