Implementasi Internet of Things (IOT) Pada Sistem Kendali CCTV Berbasis NodeMCU

Authors

  • Daud Frananda Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-Angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.1700

Abstract

Krminalitas adalah bentuk dari kejahatan yang dapat terjadi pada kehidupan manusia yang merugikan sekitarnya contoh kecil yang sering terjadi seperti pencurian atau perampokan pada suatu tempat seperti toko-toko, rumah dan banyak tindakan kriminalitas yang sering terjadi di sekitar kita. Maka dari itu dubutuhkan alat kemanan seperti Closed Circuit Television (CCTV), hanya saja alat ini memiliki beberapa kelemahan dan salah satunya ialah kamera  yang dipasang hanya dapat merekam satu arah. Sebagai solusi dari masalah tersebut maka dibuatlah alat yang dapat membantu CCTV untuk mengubah arah kamera menggunakan sistem Internet Of Things (IOT). Sistem ini terdapat komponen NodeMCU sebagai sistem kendali utama yang berfungsi sebagai komponen yang mengatur dari kerja komponen lainnya, NodeMCU sendiri akan terhubung pada Internet sehingga dapat dikendalikan melalui jarak jauh, sistem kendali sendiri menggunakan bantuan platform Blynk, Dari platform aplikasi ini dapat mengontrol apapun dari jarak jauh. Setelah dilakukan perancangan sistem kendali arah CCTV jarak jauh ini didapat hasil bahwa Sistem dapat membantu meningkatkan sistem keamanan untuk meningkatkan efesiansi dari alat kemanan CCTV yang dapat mengubah sudut atau arah kamera, Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengatasi masalah dimana CCTV tidak dapat memonitoring seluruh tempat yang ada, dan mengurangi tindak kriminal pada Toko, jalanan, Rumah yang ada di sekitar kita.

References

Ari Sugiharto & Sri WIndiyanti, “Rancang Bangun Robot Pengintai dengan Kendali Android,†Membangun Paradig. Kehidup. Melalui Multidisiplin Ilmu, pp. 1–13, 2017.

Ari Sugiharto & Sri WIndiyanti, “Rancang Bangun Robot Pengintai dengan Kendali Android,†Membangun Paradig. Kehidup. Melalui Multidisiplin Ilmu, pp. 1–13, 2017.

O. A. Astra and Y. Mardiana, “Rancang Bangun dan Analisa Pengendali CCTV Berbasis Arduino Menggunakan Smartphone Android,†J. Media Infotama, vol. Vol.14 No., no. 1, pp. 39–50, 2018, doi: 10.1016/j.ecss.2008.01.008.

A. D. T. Aran, “ALAT PENGGERAK KAMERA CCTV DENGAN KENDALI,†vol. 2, pp. 772–780, 2019.

D. Noviardi, “Seminar Nasional Sisfotek,†Internet Things Untuk Mitigasi Bencana Tanah Longsor Stud. kasus Jalan lintas Sumbar Riau, no. September, pp. 228–236, 2018, [Online]. Available: http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/83.

Downloads

Published

2022-07-27

URN