SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI LOMBA KOMPETENSI SISWA IT NETWORK SYSTEMS ADMINISTRATION MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Authors

  • Erwin Paisal STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Purwadi P STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Suardi Yakub STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.1696

Abstract

Lomba Kompetensi Siswa merupakan kompetisi tahunan untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan dengan berbagai macam mata lomba. salah satunya adalah mata lomba It Network Systems Administration. Untuk dapat mengirimkan siswa-siswi dalam Lomba Kompetensi Siswa mata lomba It Network Systems Administration, pihak sekolah harus melakukan penyeleksian terhadap para siswa-siswi jurusan TKJ yang layak menjadi perwakilan untuk sekolahnya. Selama ini, sistem seleksi yang dilakukan sekolah masih bersifat manual. Adapun cara yang digunakan yaitu dengan melihat keberhasilan siswa dalam praktikum di dalam kelas maupun laboratorium lalu kemudian dimusyarawahkan dengan seluruh guru jurusan TKJ. Cara ini tidak efektif karena tidak adanya sebuah sistem yang bisa memudahkan penyeleksian siswa-siswi calon perwakilan sekolah untuk mengikuti lomba kompetensi siswa. Maka untuk itu perlu adanya sebuah sistem pendukung keputusan dengan tujuan untuk mempermudah dalam proses penyeleksian.Metode yang digunakan dalam proses penyeleksian adalah TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution). Metode TOPSIS merupakan metode pengambilan keputusan berdasarkan alternatif yang memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan memiliki jarak terjauh dari solusi ideal negatif.

References

B. Andika, H. Winata, and R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( Electre ),†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, 2019.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.

F. S. Tamba, G. L. Ginting, and R. K. Hondro, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Koperasi Pada Smk Swasta Parulian 3 Medan Menggunakan Metode Moora (Multi Objective Optimization on the Basis of Rasio Analysis,†Maj. Ilm. INTI (Informasi dan Teknol. Ilmiah), vol. 13, no. 3, pp. 318–323, 2018.

M. P. Luh Made Yulyantari, S.Kom. and M. IGKG Puritan Wijaya ADH, S.Kom., MANAJEMEN MODEL PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN, I. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2019.

T. Widayanti and T. Wijaya, “Implementasi Metode TOPSIS dalam Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Bidikmisi Berbasis Web,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 3, no. 4, p. 344, 2016.

U. Rusmawan, “Tekinik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman - Pengertian ERD,†Marlinda. 2019.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN