Rancang Bangun Alat Penghitung Pakaian Pada Laundry Dengan Menggunakan Teknik Counter Terintegrasi Dengan Data Logger Berbasis Arduino

Authors

  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
  • Yunian Adjie Pratama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.1686

Abstract

Laundry merupakan sebuah  usaha jasa pelayanan cuci pakaian yang saat ini banyak disetiap sudut kota karena sangat diminati dimasyarakat karena mencuci pakaian dinilai kegiatan yang kurang produktif. Namun laundry memiliki banyak masalah yang sangat rumit seperti pakaian pelanggan yang hilang, pakaian tertukar dan sekarang ini banyak laundry menerapkan sistem pakaian pelanggan setelah ditimbang kemudian di hitung secara manual supaya lebih tahu detil jumlah pakaiannya supaya serah terima lebih jelas. Namun pada saat penghitungan masih dilakukan manual dan sering terjadi salah hitung karena kasir/ karyawan yang menghitung pakaian sambil berinteraksi dengan pelanggan sehingga tidak jarang terjadi salah penghitungan pakaian.Sebagai Solusi dari kendala tersebut diperlukan adanya sebuah alat yang dapat menghitung pakaian dengan menggunakan metode teknik counter. Selain dapat menghitung, hasil hitungan tersebut tersimpan dengan diintegrasikan dengan data logger. Alat ini bekerja menggunakan sensor photodioda, Motor DC, LCD, Arduino, Aplikasi Datalogger yang dibuat menggunakan Visual Basic dan Database sebagai penyimpanan datalog hasil penghitungan pakaian. Arduino adalah komponen yang mengatur dari kerja komponen lainnya. Beberapa komponen ini digunakan sebagai pendukung dari proses alat penghitung pakaian pada laundry.             Setelah dilakukan perancangan alat penghitung pakaian pada laundry dengan konsep diintegrasikan dengan data logger ini didapat hasil bahwa alat penghitung pakaian pada laundry dapat dibangun dan dapat diintegrasikan dengan data logger. Dengan adanya alat penghitung pakaian terintegrasi dengan data logger ini diharapkan agar dapat membantu pihak laundry dalam penghitungan pakaian tanpa perlu khawatir adanya kesalahan penghitungan selain itu dapat menambah trust pelanggan yang menggunakan jasa laundry tanpa khawatir pakaiannya selisih atau hilang karena serah terima yang jelas. 

References

M. Y. Simargolang and N. Nasution, “Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis WEB (Studi Kasus : Pelangi Laundry Kisaran),†J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, p. 9, 2018, doi: 10.36294/jurti.v2i1.402.

M. Fakultas, H. Universitas, S. Kuala, F. Hukum, and U. Syiah, “KONSUMEN PADA JASA USAHA LAUNDRY DI ACEH BESAR ( Suatu Penelitian Di Kecamatan Baitussalam dan Mesjid Raya ) PENDAHULUAN Bisnis jasa usaha laundry merupakan bisnis yang menyediakan jasa untuk mencuci pakaian konsumen . Jasa adalah setiap layanan yang berb,†vol. 3, no. 1, pp. 126–133, 2019.

J. Desember, E. Setyaningsih, and D. Prastiyanto, “Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertical Take-Off Landing (VTOL),†J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 53–59, 2017, doi: 10.15294/jte.v9i2.11155.

H. Suryawinata, D. Purwanti, and S. Sunardiyo, “Sistem Monitoring Pada Panel Surya Menggunakan Data Logger Berbasis Atmega 328 Dan Real Time Clock DS1307,†J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 1

Downloads

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN