DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK PENILAIAN KINERJA PENYULUH PERTANIAN MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS RATIO ANALYSIS PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Ismirohmi Berutu STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.1685

Abstract

Penyuluh pertanian merupakan orang yang bertugas untuk memberikan dorongan dan pengarahan kepada petani agar mau mengubah cara berfikir atau bersikap terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian termasuk di wilayah provinsi sumatera utara. Untuk mendapatkan penyuluh pertanian yang unggul maka Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara membuat penilaian kinerja terhadap setiap kegiatan penyuluhan. Namun pihak dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara mengalami permasalahan dalam melakukan penilaian kinerja setiap penyuluh pertanian diantaranya ketidak sesuain data dari kriteria - kriteria persiapan, pelaksanan serta pelaporan penyuluhan pertanian dengan hasil yang di inginkan.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan penilaian kinerja setiap penyuluh pertanian, dengan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan metode multi objective optimization on the basis of ratio analysis pada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode multi objective optimization on the basis of ratio analysis untuk penilaian kinerja setiap penyuluh pertanian pada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara.Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan penilaian kinerja setiap penyuluh pertanian secara sistematis, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumatera Utara dapat mengoptimalkan kinerja setiap penyuluh pertanian dengan metode multi objective optimization on the basis of ratio analysis.

References

M. Pertanian Republik Indonesia, “PEDOMAN PENYUSUNAN PROGRAM PENYULUHAN PERTANIAN,†no.47,permentan, sm.010,9, June, 2016.

J. Dasi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM) Melwin Syafrizal Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta,†vol. 11, no. 3, pp. 77–90, 2010.

R.- Ramadiani, F. P. Rani, D. M. Khairina, and H. R. Hatta, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pramuka Pandega Berprestasi Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, p. 155, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019621284.

Downloads

Published

2022-07-18

URN