Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelurahan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Kantor Camat Medan Amplas

Authors

  • Roni Osvaldo Sinaga STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Purwadi P STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rico Imanta Ginting STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.1684

Abstract

Menentukan kelurahan terbaik yang akan diselesikan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh Kantor Camat Medan Amplas. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam menentukan kelurahan terbaik. Dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang dapat menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep SPK (Sistem Pendukung Keputusan).Logika fuzzy dianggap mampu untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Logika fuzzy diyakini sangat fleksibel dan memiliki nilai toleransi terhadap data yang ada. Dengan berdasarkan logika fuzzy, akan dihasilkan suatu model dari sistem yang mampu menentukan kelurahan terbaik dengan logika fuzzy. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk menentukan kelurahan terbaik. Metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan  dalam upaya dalam menetukan yang terbaik dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto.Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto merupakan salah satu pendekatan yang menggunakan beberapa tahapan tertentu. Beberapa model fuzzy logic banyak diterapkan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan salah satunya adalah fuzzy Tsukamoto [3]. Dikarenakan kriteria-kriteria tersebut sifatnya relatif maka dibuat fuzzy Tsukamoto yang dapat digunakan model untuk mendapatkan keputusan menentukan tepat dari suatu yang samar.  Kata Kunci : Logika Fuzzy, Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Tsukamoto

References

Nurmalasari and A. A. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT Transcoal Pacific Jakarta," Jurnal Teknik Komputer, no. 2, pp. 48-55, 2018.

Adhito Prabowo, Budisantoso W and Iwan Vanany, "Analisis Kebijakan Penggunaan Obat Generik di Indonesia serta Dampaknya pada Biaya Belanja Obat Masyarakat (Studi Kasus pada Obat Penyakit Diabetes Mengguakan Pendekatan Sistem Dinamik)," JURNAL TEKNIK ITS, Vols. Vol. 1, No. 1, 2012.

W. H. Shrank, S. M. Cadarette, E. Cox, M. A. Fischer, J. Mehta, A. M. Brookhart, J. Avorn and N. K. Choudhry, "Is there a relationship between patient beliefs or communication about generic drugs and medication utilization?," Medical Care, vol. 47, no. 3, pp. 319-325, 3 2009.

Ernawati, " RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, 2015.

Boby Arianto, Warjio, Usman Tarigan, "Kepemimpinan Lurah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Perangkat Kelurahan" Jurnal Administrasi Publik, 2016.

Bagus Prasetyo, Wawan Laksito Y.S. and Siswanti, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET INTERNET OPERATOR TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)".

Teuku Mufizar, Teten Nuraen and Arianti Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Cogito Smart Journa, vol. Vol 33, 2017.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "LOGIKA FUZZY DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA".

Maryaningsih , Siswanto, Mesterjon ,"METODE LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA ",Jurnal Media Infotama,2013.

Tri Murti, Leon Andretti Abdillah, Muhammad Sobri, " SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO" 2015.

Kurnia Martha Herdiastuti, " IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI ROTI," Jurnal TIKomSiN, 2015.

Downloads

Published

2019-09-30

URN