Pemilihan Vendor Pupuk Organik Dengan Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment

Authors

  • Lia Armaini STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1682

Abstract

Pupuk Organik adalah pupuk yang berasal dari tumbuhan mati, kotoran hewan dan atau bagian hewan, dan atau limbah organik lainnya yang telah melalui proses rekayasa, berbentuk padat atau cair dapat diperkaya dengan bahan mineral dan atau mikroba yang bermanfaat untuk meningkatkan kandungan hara dan bahan organik tanah, serta memperbaiki sifat fisik, kimia, dan atau biologi tanah. Dalam menjaga ketersedian pupuk organik banyak perusahaan – perusahaan distributor swasta yang ikut bergerak dalam pendistribusiannya salah satunya adalah PT. Alas Metuah Perdana. Namun pihak PT. Alas Metuah Perdana mengalami kendala dalam memilih vendor terbaik diantaranya ketidaksesuain kelengkapan ijin, harga, kualitas, pengiriman bahan, serta jaminan atau garansi.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan dalam pemilihan vendor pupuk organik, dengan sebuah aplikasi Decision support system menggunakan Weight Aggregated Sum Product Assesment pada PT. Alas Metuah Perdana. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode Weight Aggregated Sum Product Assesment untuk pemilihan vendor pupuk organik pada PT. Alas Metuah Perdana.Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan pemilihan vendor pupuk organik secara sistematis, PT. Alas Metuah Perdana dapat mengoptimalkan pemilihan dengan metode Weight Aggregated Sum Product Assesment sehingga akan mendapatkan vendor pupuk organik terbaik sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

References

“Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pendaftaran Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pembenah Tanah.†pp. 1–47, 2019.

J. Dasi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM) Melwin Syafrizal Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta,†vol. 11, no. 3, pp. 77–90, 2010.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( Waspas ) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,†Semin. Nas. R., vol. 9986, no. September, pp. 253–258, 2018.

Downloads

Published

2018-05-18

Issue

Section

Articles

URN