Perancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Bakteri Pada Ikan Lele Di Dinas Kelautan Dan Perikanan Serdang Begadai Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • zainab zai STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputa STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.1676

Abstract

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim,yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada saat terjadinya musim kemarau masyarakat indonesia lebih memilih meminum air dingin agar terasa lebih segar. Supply  ice selalu mengandalkan Mesin Ice Batu Kristal, namun jika mesin digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada mesin tersebut. Ketika terjadinya kerusakan tidak banyak pekerja yang mengerti memperbaiki kerusakan pada mesin, mereka selalu mengandalkan teknisi dalam memperbaikinya.Dari permasalahan yang dibahas, maka di buat sebuah sistem pakar salah satunya ialah dengan metode Certainty Factor dalam Mendeteksi Kerusakan Pada Mesin Es Batu Kristal(Ice Cube Machine). Dengan adanya sistem ini bertujuan untuk mempermudah pekerja dalam mendeteksi kerusakan mesin, agar tidak ketergantungan dengan teknisi terus menerus dan dengan Metode Certainty Factor pengguna dapat mengetahui tingkat kepastian suatu kerusakan.Aplikasi Sistem Pakar ini dapat menjadi sarana untuk mengetahui secara cepat tentang kerusakan pada mesin es batu kristal dan solusi memperbikinya tanpa harus datang langsung ke pakarnya.

References

F. F. C. Triara Puspitasari, Boko Susillo, “Implementasi Metode Dempster- Shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web,†J. Ilm. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2016.

P. S. Hasibuan and M. I. Batubara, “Penerapan Metode Dempster Shafer Dalam Mendiagnosa Penyakit Faringitis,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 59, 2019.

E. Lestari and E. U. Artha, “Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, p. 16, 2017.

M. D. Sinaga and N. S. B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 94, 2016.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN