Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Frozen Shoulder(Kaku, Nyeri) Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Leo Tarigan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rico Imanta Ginting STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1669

Abstract

Penyakit Frozen Shoulder (Kaku, Nyeri) Frozen shoulder adalah nyeri karena adanya perlengketan sendi glenohumeral yang muncul secara spontan tanpa diketahui penyebab awalnya, bisa juga terjadi karena factor usia, trauma berulang dan pasca operasi sekitar shoulder.Berdasarkan masalah diatas maka diperlukan suatu aplikasi berupa sistem pakar dengan menerapkan metode Certainty Factor diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit frozen Shoulder . Dengan gejala yang ada maka dapat ditentukan nilai CF untuk mendapatkan hasil diagnosa jenis  penyakit pada frozen Shoulder. Sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam mendapat informasi dan mendiagnosa penyakit frozen Shoulder yang dialami.Kesimpulan yang diperoleh dari sistem, mampu melakukan diagnosa dengan cepat, tepat dan akurat terhadap gejala pada penyakit kulit jerawat dan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit frozen shoulder (kaku, nyeri) yang dialami sehingga penangananya dapat segera dilakukan. 

References

J. Salim, “Penambahan Teknik Manual Therapy Pada Latihan Pendular Codman Lebih Meningkatkan Lingkup Gerak Sendi Pada Sendi Glenohumeral Penderita Frozen Shoulder,†J. Fisiotrapi, vol. 14, no. 1, pp. 31–38, 2014.

A. DE PALMA, “Frozen Shoulder,†J. Delaware medical journal vol. 26, no. 5, pp. 95–101, 1945.

E. Emawatti, “Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kondisi Frozen Shoulder Dextra di RSUD Sukoharjo,†J. Biota, vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2016.

F. Rahmi Ras, H. Nelly Astuti, and B. Efori, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

M. D. Sinaga and N. S. B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 94, 2016.

Downloads

Published

2018-05-30

Issue

Section

Articles

URN