Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pre-eklamsia pada Ibu Hamil dengan Menggunakan Metode Certainty Factor pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Medan Johor

Penulis

  • monica Esrawaty Stmik Triguna Dharma Medan
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani El STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.1639

Abstrak

Pre-eklampsia adalah penyakit yang timbul pada ibu hamil, pada saat persalinan dan nifas yang terdiri dari hipertensi, edema, dan proteunuria yang muncul pada kehamilan.  Ada beberapa penyebab dari penyakit pre-eklamsia  ini diantaranya adalah adanya  riwayat keturunan penyakit ini berpotensi berada pada usia gestasi beresiko riwayat hipertensi , obesitas, riwayat diabetes dan tingkat pendidikan yang rendah dari pasiennya.. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah suatu program yang dapat membantu,yaitu Sistem Pakar (Expert System) dengan menggunakan metode Certainty Factor program ini dibuat untuk membantu mendiagnosa gejala penyakit Pre-eklampsia pada ibu hamil beserta memberikan solusi. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah pengguna untuk melakukan analisi terhadap jenis penyakit pre-eklampsia menggunakan metode Certainty Factor sehingga dapat memberikan hasil informasi dan mengetahui diagnosa awal penyakit. Sehingga masyarakat mendapat solusi untuk mengatasi penyakit tersebut .

Referensi

“Novita Lusiana, " Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia pada Ibu Bersalin di Ruangan Camar II RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2014 " Jurnal Kesehatan Komunitas, Vol. 3, No. 1, Nopember 2015â€.

“Reski Mai Candra and Bambang Mirwanto, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Anxietas Dengan Menggunakan Teorema Bayes," Jurnal CoreIT, Vols. Vol. 4, No. 2, 2018â€..

“M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

“P. S. Ramadhan, "SISTEM PAKAR PENDETEKSIAN PSORIASIS POSTULAR MENGGUNAKAN KOMBINASI TEOREMA BAYES DENGAN EUCLIDEAN PROBABILITY," 2019.

“Tigor H. Situmorang, Yuhana Damantalm, Afrina Januarista, Sukri, " Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil Di Poli Kia Rsu Anutapura Palu," Jurnal Kesehatan Tadulako Vol. 2 No. 1, Januari 2016 : 1- 75â€.

“M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17â€.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles

URN