Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perekrutan Tenaga Bantuan Medis Pada Puskesmas Pintu Angin Di Kota Sibolga Dengan Metode Fuzzy Sugeno

Authors

  • Tiur Hernita Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1637

Abstract

Tenaga medis memiliki peran penting dalam menciptakan pelayanan kesehatan yang bermutu di rumah sakit maupun pelayanan kesehatan di puskesmas. Diantaranya dalam menerapkan budaya keselamatan pasien pemberian obat yang benar maupun perawatan bidang kesehatan harus sesuai karena keselamatan pasien harus sepenuhnya menjadi budaya dalam pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. Dalam menjalankan fungsi dan perannya sudah jelas bahwa tenaga bantuan medis yang profesional sangat dibutuhkan. Terkadang pemilihan tenaga bantuan medis tidak sesuai yang diharapkan untuk membantu bermutunya pelayanan kesehatan. Dengan adanya sekarang Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perekrutan Tenaga Bantuan Medis Pada Puskesmas Pintu Angin Di Kota Sibolga Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno, maka Puskesmas lebih mudah untuk menentukan data – data calon tenaga bantuan medis yang layak diterima. Hasil dari penelitian ini sebuah aplikasi berbasis destop yang mengimplementasikan Metode Fuzzy Sugeno untuk menghasilkan keputusan dalam menetukan Tenaga Bantuan Medis yang layak diterima.

References

Aggia dasa putri' Effendi, 3, 50 PERAN ASPEK ETIKA TENAGA MEDIS DALAM PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. (2014, maret).

Shanti Ria Serepia Siregar1, Penti Sundari2 , 6, 77 Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Kependudukan Desa (Studi Kasus di Kantor Desa Sangiang Kecamatan Sepatan Timur) . (2016, Maret)..

Magdalena Simanjuntak, 2, 2 Penilaian Kinerja Dosen dengan menggunakan metode fuzzy Sugeno. (2017, Januari-Juni)..

Aggia dasa putri' Effendi, 3, 50 Fuzzy Logic Untuk Menentkan LokasiKios Terbaik Di Kepri Mall Dengan Menggunakan Metode Sugeno. (n.d.)..

Purnomo, S. K. (Ed.). (2014). Aplikasi Logika Fuzzy untuk pendukung keputusan (2 ed.). Yogyakarta, Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Downloads

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles

URN