SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA POHON KAYU PUTIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Irham Pandapotan Napitupulu STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Hafizah Hafizah STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.1633

Abstract

Tanaman kayu putih (Melalauca leucadendron Linn.) adalah salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang penting bagi industri minyak atsiri di Indonesia. Salah satu jenis kayu putih yang dikembangkan adalah jenis Eucalyptus pellita. Tanaman kayu putih rentan terhadap penyakit gangguan proses fisiologi pada tanaman. Ahli kehutanan dalam hal ini mempunyai kemampuan untuk menganalisa gejala-gejala penyakit tanaman kayu putih tersebut, namun untuk mengatasi semua persoalan yang dihadapi perusahaan terkendala oleh waktu dan banyaknya perusahaan yang mempunyai masalah dengan tanamannya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah membangun sistem pakar menentukan penyakit yang menyerang tanaman kayu putih berdasarkan gejala-gejala fisik.Metode yang digunakan adalah metode Dempster Shafer, Sumber data untuk penelitian ini diambil dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Aplikasi yang dibangun berbasis desktop dengan menggunakan database acces. Tekhnik pengumulan data dengan cara wawancara dan observasi.Berdasarkan analisa data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Sistem yang telah dibangun ini dapat mendiagnosa penyakit pohon kayu putih dengan menerapkan metode Dempster Shafer. Dapat menerapkan hasil perhitungan dengan metode Dempster Shafer dalam mendiagnosa penyakit pada pohon kayu putih. Dapat mengimplementasikan metode Dempster Shafer dalam sebuah sistem yang nantinya akan digunakan untuk mendiagnosa penyakit.

References

R. Helfiansah, H. Sastrohamidjojo, and Riyanto, “Isolasi, Identifikasi dan Pemurnian Senyawa 1,8 Sineol Minyak Kayu Putih (Malaleuca leucadendron),†ASEAN J. Syst. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 19 – 24, 2013.

D. L. Kain, “MANAJEMEN TEMPAT TUMBUH PADA TANAMAN Eucalyptus pellita DI PT. PERAWANG SUKSES PERKASA INDUSTRI, DISTRIK LIPAT KAIN, RIAU Site Management Eucalyptus pellita at PT. Perawang Sukses Perkasa Industri, Riau,†vol. 9, no. 02, pp. 79–84, 2018.

R. Setiawan, C. Suhery, and S. Bahri, “Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Penyakit Tropis Berbasis Web,†J. Coding, vol. 06, no. 03, pp. 97–106, 2018.

Rosa dan Shalahuddin 2018:146, No Title. 2018.

Downloads

Published

2019-08-30

URN