SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN BIBIT SEMANGKA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Penulis

  • Yusrianti Yusri Sihombing STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Widiarti Ristamaya STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.1614

Abstrak

Adapun masalah dalam pemilihan bibit semangka adalah sering kali para petani tidak memperhatikan kwalitas bibit seperti jumlah bibit, lama panen dan berhasil panen sehingga para petani  tidak memperoleh hasil panen yang memuaskan. Hal ini akan berdampak buruk terhadap Balai Penyuluhan Pertanian Dolok Masihul dimana dalam hal kwalitas bibit di rasa tidak optimal, maka dari itu Balai Penyuluhan Pertanian Dolok Masihul akan melakukan seleksi untuk pemilihan bibit semangka.Untuk menyelesaikan masalah dalam pemilihan bibit semangka membutuhkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dan beberapa kriteria yang akan digunakan dalam pemilihan bibit semangka sehingga dapat memperoleh bibit semangka terbaik.Melalui proses sistem pendukung keputusan data bibit semangka akan diurutkan dari nilai tertinggi sampai nilai terendah kemudian akan dirangking maka dari itu Balai Penyuluhan Pertanian Dolok Masihul akan memilih rangking tertinggi sejumlah dengan yang dibutuhkan para petani.

Referensi

Hamdani dan Selywita., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Obat Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,†Sisfotenika, vol. 3, no. 1, pp. 21–30, 2013.

M. P. Luh Made Yulyantari, S.Kom. and M. IGKG Puritan Wijaya ADH, S.Kom., Manajemen Model Pada Sistem Pendukung Keputusan. 2019.

A.wahyudi & dewi r., “Upaya Perbaikan Kualitas Dan Produksi Buah Mengunakan Sistem ‘Topas’ Pada 12 Varietas Semangka Hibrida,†Penelitia Pertan. Terap., vol. vol.17 (1), no. 02, p. 25, 2016.

N. Khairina, “Analisis Fungsi Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Status Kesehatan Tubuh Seseorang,†SinkrOn, vol. 1, no. 1, p. 19, 2017.

I. Technology, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap PT.Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Dengan Metode FuzzyTsukamoto,†J. Teknosain, vol. XV, 2018.

Mutammimul Ula, “Implementasi Logika Fuzzy Dalam Optimasi Jumlah Pengadaan Barang Menggunakan Metode Tsukamoto ( Studi Kasus : Toko Kain My Text ),†J. ECOTIPE, vol. 1, no. 2 SPK, pp. 36–46, 2014.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles

URN