Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memprediksi Data Pemilih Tetap 2024 Menggunakan Metode Fuzzy Takagi-Sugeno Pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Deli Serdang

Authors

  • Cindy Margaret Tampubolon STMIK Triguna Dharma
  • Marsono M STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1590

Abstract

Jumlah Penduduk Meninggal Dunia, Pindah Domisili, Ganda, berubah status TNI/POLRI, tidak ada keberadaanya, terganggu jiwanya, dicabut hak pilihnya, dan bukan penduduk setempat merupakan faktor yang mempengaruhi jumlah daftar pemilih tetap pada saat pemilu sehingga sering terjadi data tidak akurat. Kesalahan atau kurang akuratnya data  pemilih akan berdampak langsung terhadap  kelengkepan administrasi dan legitimasi pemilu. Hal ini sering menjadi perselisihan dan persengketahan hasil pemilu, bahkan dari sejumlah data permohonan sengketa hasil di Mahkamah Konstitusi. Oleh sebab itu, keadaan jumlah data daftar pemilih tersebut selalu mengalami perubahan, maka dari itu pentingnya Lembaga Negara harus mempersiakan adanya prediksi terhadap jumlah data daftar pemilih tetap untuk setiap pemilu yang diadakan.Maka dari itu dibutuhkan teknologi informasi dan Sistem Pendukung Keputusan sebagai alat bantu untuk memprediksi data pemilih tetap. Agar pihak komisi umum dapat memperkirakan jumlah DPT di periode selanjutnya, untuk itu diterapkanlah metode Fuzzy Takagi-Sugeno, dimana metode ini memiliki karakteristik yaitu himpunan fuzzy yang digunakan menggunakan 3 fungsi keanggotaan, yaitu turun, naik ,dan segitiga.Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem yang akan dapat membantu Komisi Pemilihan Umum dalam memprediksi jumlah data pemilih tetap  proses penetuan hasil prediksi digunakan penegasan (defuzzy) dengan konsep rata-rata(weighted average).

References

A. Fitri Boy, I. Santoso, I. M. Stmik, and T. Dharma, “J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemberian Surat Izin Gangguan (HO) Industri Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang Dengan menggun,†vol. 1, no. 2, pp. 83–88, 2018.

A. Bahroini, A. Farmadi, and R. A. Nugroho, “PREDIKSI PERMINTAAN PRODUK MIE INSTAN DENGAN METODE FUZZY TAKAGI-SUGENO,†vol. 03, no. 02, pp. 220–230, 2016.

D. L. Rahakbauw, “PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE SUGENO BERDASARKAN DATA PERSEDIAAN DAN JUMLAH PERMINTAAN ( STUDI KASUS : PABRIK ROTI SARINDA AMBON ) APPLICATION OF FUZZY LOGIC METHOD SUGENO TO DETERMINE THE TOTAL PRODUCTION OF BREAD ,†vol. 9, pp. 121–134, 2015.

K. Karyawan and P. T. Schneider, “Fuzzy Sugeno Untuk Menentukan Penilaian,†vol. 3, no. 2, 2018.

https://jdih.kpu.go.id/data/data_pkpu/PKPU%2023%20THN%202018.pdf

Kusumadewi, S. Purnomo Hari, "Apikasi Logika Fuzzy Untuk pendukung Keputusan, Edisi 2"Graha Ilmu.,Yogyakarta 2013.

Y. Wahyudi, S. Suwarni, and A. Andayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Struktural Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu,†J. Media Infotama, vol. 9, no. 1, pp. 190–209, 2013.

Dicky.N, and Sarjon, D "Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan,",2017.

S. Wibowo, “Penerapan Logika Fuzzy Dalam Penjadwalan Waktu Kuliah.â€

S. Abidah, “Analisis Komparasi Metode Tsukamoto dan Sugeno dalam Prediksi Jumlah Siswa Baru,†vol. 8, no. 2, 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN