Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Kaca Dengan Menggunakan Metode Multi Attributive Border Approximation Area Comparison (MABAC) Pada UD.Delta Glass

Authors

  • Listra Johana
  • Purwadi S
  • Elfitriani S

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.1570

Abstract

Beberapa faktor yang mendorong kelancaran penjualan adalah supplier. Pemilihan supplier merupakan hal yang sangat penting guna mendapatkan barang dengan jenis terbaik. Setiap perusahaan harus menentukan supplier secara cermat dan tepat karena pemilihan supplier ini sangat berpengaruh pada harga jual, kualitas dan ketersediaan suatu produk. Setiap supplier memiliki keunggulan dan kelemahan yang mengakibatkan perlunya perencanaan pemilihan supplier. Beberapa karakteristik yang harus diperhatikan dalam pemilihan supplier diantaranya kualitas dan delivery. UD.Delta Glass  membutuhkan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Kaca dengan metode MABAC (Multi-Attributive Border Approximation Area Comparison). Sistem Pendukung Keputusan merupakan sebuah sistem yang bertujuan untuk mendukung para pengambil keputusan dalam situasi-situasi tertentu. Sistem Pendukung Keputusan diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi para pengambil keputusan untuk melakukan pemilihan supplier sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Metode ini dilakukan untuk membantu manajemen keputusan yang akurat dan optimal dimana metode MABAC merupakan perbandingan multikriteria dan menyediakan stabil (konsisten) solusi dan handal untuk mengambil keputusan yang rasional jika dibandingkan dengan metode lain multikriteria pengambilan keputusan (SAW, COPRAS, MOORA, TOPSIS dan VI-KOR).

Author Biographies

Listra Johana

STMIK Triguna Dharma

Purwadi S

STMIK Triguna Dharma

Elfitriani S

STMIK Triguna Dharma

References

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan ),†J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.

Ma’ruf, “Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Topsis Pada Perusahaan Furniture,†Pros. Semin. Nas. Ekon. dan Bisnis Call Papaer FEB UMSIDA 2016, pp. 287–304, 2016.

R. Kristianto, “MABAC: Pemilihan Penerima Bantuan Rastra Menggunakan Metode MultiAttributive Border Approximation Area Comparison,†J. Mahajana Inf., vol. 3, no. 1, pp. 41–52, 2018.

A. A. Pratama and Nurmalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP Pada PT Transcoal Pacific Jakarta,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. IV, no. 2, pp. 48–55, 2018, doi: 10.31294/jtk.v4i2.3509.

E. Ningsih, “USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED,†vol. 9, pp. 244–254, 2017.

S. Timur, “EVALUASI DAN SELEKSI DARI PVC PERTUKANGAN PRODUSEN MENGGUNAKAN FUCOM-MABAC MODEL,†vol. 1, no. 1, pp. 13–28, 2018.

P. Wang and J. Wang, “Perbandingan Area Pendekatan Perbatasan Multi-Atributif ( MABAC ) untuk Beberapa Pengambilan Keputusan Grup Atribut Di Bawah 2 -Tuple Linguistic Neutrosophic Environment,†vol. 30, no. 4, pp. 799–818, 2019.

Hariyanto and S. Khotimah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Terbaik Menggunakan Metode SAW Studi Kasus : PT. Giant Pondok Kopi,†J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 3, no. 2, pp. 47–53, 2018.

Downloads

Published

2019-10-30

URN