Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Dimsum Dengan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) Pada Studio Dimsum

Authors

  • Sanita Juniati Duha STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.1565

Abstract

Penjualan merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang cukup penting dalam rangka pencapaian tujuan Studio Dimsum. Pencapaian tingkat penjualan adalah salah satu faktor indikator dari tingkat kemajuan suatu toko, untuk mampu mencapai tingkat penjualan yang telah ditargetkan perusahaan itu berarti studio dimsum harus mampu menciptakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen juga bagaimana produk ini menjadi sumber profit bagi toko sebagai fokus dalam memasarkan produknya. Banyaknya data transaksi yang disimpan menyebabkan penumpukan data. Data tersebut dapat diolah lebih lanjut menjadi suatu infomasi yang berguna bagi manajer atau pelaku usaha pada Studio Dimsum dalam pengambilan keputusan, melakukan analisis terhadap penjualan pada produknya, mengatur stok yang ada pada toko tersebut dan melakukan strategi penjualan yang bertujuan untuk kemajuan toko atau usaha tersebutOleh karena itu diperlukan adanya sistem yang dapat membantu dalam menganalisa data penjualan dan transaksi untuk mengatur penjualan produk, mengatur stok produk dan menerapkan strategi pemasaran.Frequent Pattern Growth adalah metode yang sering memanfaatkan itemset dalam pertambangan data atau produk. Dalam masalah yang dibahas dalam penelitian ini akan dirancang sebuah perangkat lunak berbasis Dekstop Programming yang diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan.

References

M. Safii and A. Trydillah, “IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN,†vol. 3, no. 1, pp. 66–71, 2019.

S. Kanti and R. E. Indrajit, “Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store Sdc Tanggerang Dengan Algoritma Appriori,†Semin. Nas. Sains dan Teknol., no. November, pp. 1–2, 2017.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015.

E. Elisa and N. Azwanti, “Algoritma FP-Growth untuk Menganalisa Frekuensi Pembelian Gas Elpiji 3 Kg,†INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, p. 69, 2019.

A. Ardianto and D. Fitrianah, “Penerapan Algoritma FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV . Fajar Sukses Abadi.â€

H. C. Ermanti, L. Zahrotun, and M. Cs, “Penerapan Data Mining Untuk Merekomendasikan Item Berdasarkan Pola Asosiasi Data Penjualan Pada KI-KHA SHOP Menggunakan Algoritma FP-Growth,†vol. 5, no. 5, pp. 1–8, 2016.

S. Dharwiyanti, “P e n g a n t a r U n i f i e d M o d e l i n g L a n g u a g e ( U M L ),†pp. 1–13, 2003.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-21

URN