Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian Toko Terhadap Produk Minuman dengan Menggunakan Metode Algoritma FPGrowth pada PT. Graha Prima Mentari (CCOD)

Authors

  • Roy Anggiat Mangasi Siahaan
  • Muhammad Zunaidi
  • Azlan Azlan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1564

Abstract

Produk minuman adalah sebuah produk yang terus menerus dibutuhkan dari zaman dahulu hingga saat ini, misalnya minuman mineral, minuman berkarbonasi dan sebagainya. PT. Graha Prima Mentari adalah salah satu perusahaan yang menyalurkan dan mendistribusikan minuman berkarbonasi seperti coca cola, sprite, fanta dan lain-lain, dimana aneka minuman yang ditawarkan memiliki soda dan merupakan franchise dari luar negeri.  PT. Graha Prima Mentari merupakan sebuah perusahaan Coca-Cola Official Distributor (CCOD) yang secara resmi mendistribusikan produk-produk coca cola di Indonesia. Salah satu permasalahan yang umum dialami sebuah perusahaan distributor adalah pemasalahan dalam memanajemen jumlah Produk dari berbagai jenis Produk / produk yang mereka distribusikan. Terkadang sebuah produk mengalami kehabisan jumlah stok dan di sisi lain adapula produk yang mengalami kelebihan jumlah sehingga mengalami kadaluarsa sebelum sempat didistribusikan. Tentu saja hal tersebut membuat perusahaan rugi.Dalam Ilmu Komputer, dikenal sebuah cara untuk mengetahui pola penjualan yang dilakukan di PT. Graha Prima Mentari atau pola pembelian yang dilakukan oleh toko langganan PT. Graha Prima Mentari. Ilmu tersebut adalah Data Mining, dimana data mining merupakan bidang ilmu yang mengajarkan tentang pengolahan data-data yang besar dengan tujuan untuk mencari informasi yang bermanfaat dari data tersebut sehingga data yang menumpuk itu dapat bermanfaat. Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu. Teknik-teknik, metode-metode, atau algoritma dalam data mining sangat bervariasi. Pemilihan metode atau algoritma yang tepat sangat bergantung pada tujuan dan proses Knowledge Discovery in Database (KDD) secara keseluruhan Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Data Mining  dengan Metode FP Growth yang dapat menganalisis pola pembelian..

References

R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program and S. Administrasi, "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN DI INDRAKO SWALAYAN TELUK KUANTAN," vol. 2, no. 2, pp. 286-303, 2016.

Yuli Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi," Jurnal Edik Informatika, no. ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, no. ISSN: 2406-7857, 2018.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum and F. Eka, "PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro)," vol. 9, no. 2.

D. Firdaus, "Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer," 2017.

Downloads

Published

2021-10-30

URN