Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Cacar Pada Burung Lovebird Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Selvia Natalia Br Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1553

Abstract

Penyakit cacar kerap menyerang Lovebird dan bisa mengakibatkan kematian pada burung Lovebird. Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit patek atau avian pox di daerah tertentu. Pada dasarnya, penyakit cacar ini disebabkan oleh virus. Ketika virus ini menyerang, lapisan kulit atas Lovebird tumbuh dengan pesat. Hal ini menyebabkan jaringan baru dan jaringan baru ini akan segera mati sehingga membentuk sebuah kutil. Jika kutil ini dibiarkan, kutil ini akan tumbuh membesar. Penularan virus cacar ini bisa melalui banyak perantara. Diantaranya adalah gigitan nyamuk yang sudah terinveksi virus, lalat, sentuhan burung lain yang sakit, dan bahkan bisa melalui pakan atau air minum. Akibatnya, Lovebird mengalami gangguan pernafasan dan sulit untuk makan hingga kemudian mati. Maka dari itu perlu adanya sistem yang mampu membantu para pecinta Lovebird dalam mengantisipasi dan menangani penyakit yang ada pada peliharaan mereka. Sistem yang dapat membantu permasalahan tersebut adalah sistem pakar.Sistem Pakar merupakan sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi sebuah permasalahan dengan menggunakan keahlian seorang pakar yang telah ditanamkan kedalam sebuah sistem dengan menggunakan algoritma tertentu. Sistem pakar merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang pakar, dimana Sistem pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor yang dapat membantu pemilik Lovebird dalam mengetahui penyakit cacar pada Lovebird miliknya.

References

Jesa Ariawan, "Sistem Pakar Menentukan Gen Anakan pada Lovebird," JURNAL SISFOTEK GLOBAL , vol. 6, no. 2, 2016.

M. H. S. Triambudi, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG LOVEBIRD MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR," SNasPPM, vol. 1, no. 1, 2018.

https://www.seputarburung.com/, "Ancaman Cacar Pada Love Bird," 2018. [Online].

Butsiarah Markani, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA TINGKAT KECANDUAN BELANJA ONLINE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR," Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 1, 2019.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KOLESTEROL PADA REMAJA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF) BERBASIS WEB," 2014.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

E. Ongko, "Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata," 2013.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil and D. Sunardi, "Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT".

Downloads

Published

2022-07-22

URN