Implementasi Internet of Things (IoT) Pada Sistem Monitoring Penggunaan Debit Air Pada PDAM Berbasis NodeMCU

Authors

  • Silwanus Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Dr Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Risky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.1435

Abstract

Salah satu pelayanan yang diberikan  kepada masyarakat ketika PDAM mengalami permasalahan seperti penggunaan air yang berlebihan, ataupun kenaikan harga pemakaian air dan permasalahan lainnya. Akan tetapi ada beberapa hal yang mungkin dapat menjadi kendala pada masyarakat yang menggunakan air PDAM sebelum mengatasi permasalahannya. Kendala yang dimaksud seperti jumlah pemakaian air dan harga yang harus di bayar terlalu tinggi, sehingga membuat masyarakat yang menggunakan air PDAM merasa resah dan tidak nyaman.Sebagai solusi dari kendala tersebut diperlukan adanya suatu sistem monitoring penggunaan debit air menggunakan sensor water flow melalui teknologi Internet of Things (IoT) berbasis NodeMCU. NodeMCU digunakan sebagai sistem kendali utama pada sistem monitoring ini yang dimana NodeMCU adalah komponen yang mengatur dari kerja komponen lainnya. Yang dimaksud komponen lainnya adalah beberapa komponen elektronika seperti sensor water flow ,rtc,android. Beberapa komponen ini digunakan sebagai pendukung dari proses sistem monitoring penggunaan debit air pada PDAM tersebut.Setelah dilakukan perancangan sistem monitoring penggunaan debit air dengan konsep Internet of Things (IoT) berbasis NodeMCU ini didapat hasil bahwa sistem monitoring debit air dapat dibangun dan dimonitoring melalui android dan dapat juga diimplementasikan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang berbasis NodeMCU. Dengan adanya sistem monitoring yang sudah terhubung dengan aplikasi Blyk pada android ini diharapkan dapat mengatasi kurangnya kesalahan dalam mengitung penggunaan debit air dan dapat meningkatkan kualitas serta pelayanan kepada masyarakat..

References

E. Dayanti and J. T. Informatika, “Sistem pengendali lampu ruangan secara otomatis menggunakan pc berbasis mikrokontroler arduino uno,†vol. 10, no. 10, pp. 1–7, 2013.

J. Manajemen, D. A. N. Teknik, and M. Arduino, “Jurnal manajemen dan teknik informatika,†vol. 02, no. 01, 2019.

D. Meningkatkan, H. Belajar, S. Kelas, and X. I. Mipa, “APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING LEARNING MODEL IN MODELING 3 DIMENSIONS,†2019.

M. A. Ulum, T. Elektro, F. Teknik, and U. N. Surabaya, “PERANCANGAN SISTEM MONITORING KECEPATAN PUTAR MOTOR DC BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN APLIKASI BLYNK Subuh Isnur Haryudo,†pp. 855–862, 2012.

A. F. Silvia, E. Haritman, and Y. Muladi, “RANCANG BANGUN AKSES KONTROL PINTU GERBANG BERBASIS ARDUINO DAN ANDROID,†vol. 13, no. 1, pp. 1–10, 2014.

M. F. Wicaksono, “Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Home,†J. Tek. Komput. Unikom, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles

URN