Implementasi Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Milk Fever Disease Sapi Perah Pada Gundaling Farmstead Berastagi

Authors

  • Elsa Novita STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1340

Abstract

Hipokalsemia atau Milk Fever merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pembentukan dan penguraian zat-zat yang diperlukan dalam tubuh pada sapi perah yang baru saja melahirkan dan terutama yang berproduksi tinggi.Karena keterbatasan petugas medis, belum meratanya tingkat pengetahuan peternak, serta banyaknya gangguan penyakit sapi perah yang harus dihadapi, oleh sebab itu dalam pengelolaan sapi perah, peternak atau petugas yang terkait pemeliharaan harus melengkapi diri dengan pengetahuan yang baik.Namun dalam menangani gangguan penyakit pada sapi perah, maka dibutuhkan teknologi komputer untuk membangun aplikasi sistem pakar agar dapat mendiagnosa sapi perah sebelum terinfeksi Millk Fever Disease yang akan berakibat kegagalan pemindahan kalsium dari tulang dan berkurangnya total produksi susu. Dalam penyelesaian masalah tersebut metode yang digunakan adalah Dempster Shafer yang berfungsi untuk membantu peternak dalam menghasilkan kesimpulan diagnosa.Dengan adanya aplikasi sistem pakar dalam pendiagnosaan Millk Fever Disease ini dapat membantu peternak dalam melakukan diagnosa untuk menghasilkan informasi yang cepat dan akurat sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

References

N. Triakoso, NusdiantTriakoso, “Penyakit-Penyakit Non Infeksius Pada Ternak Penyakit Non Infeksius pada Ternak,†no. April, 2013.

A. Sulistyohati, T. Hidayat, K. Kunci: Ginjal, S. Pakar, and M. Dempster-Shafer, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster-Shafer,†Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 2008, no. Snati, pp. 1907–5022, 2008.

P. S. Hasibuan and M. I. Batubara, “Penerapan Metode Dempster Shafer Dalam Mendiagnosa Penyakit Faringitis,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, pp. 101–105, 2019.

J. Coding, S. K. Untan, R. Setiawan, C. Suhery, S. Bahri, and J. S. Komputer, “DIAGNOSA INFEKSI PENYAKIT TROPIS Kecerdasan Buatan Sistem Pakar,†vol. 6, no. 3, pp. 97–106, 2018.

M. D. Sinaga and N. S. B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 94, 2016.

P. Puji, S. Ramadhan, and M. Kom, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar ISBN : 978-602-5891-78-6 Usti Fatimah S . Pane , M . Kom Editor : Fungky Design Cover : Haqi Cetakan Pertama , November 2018 Diterbitkan Oleh : Uwais Inspirasi Indonesia Ds . Sidoarjo , Kec . Pulung , Kab . Ponorogo Em. .

S. Kasus, H. Milk, F. Pada, S. Perah, K. Agro, and N. Kan, “PERANAKAN FRIESIAN HOLSTEIN ( PFH ) di WILAYAH KERJA Program Studi Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang , 2 Dosen Fakultas CASE STUDY OF HYPOCALSEMIA ( Milk Fever ) IN FRIESIEN HOLSTEIN COW IN KOPERASI AGRO NIAGA ( KAN ) JABUNG DISTRICT,†vol. 2, no. 1, pp. 173–178, 2019.

R. Hamidi, H. Anra, and H. S. Pratiwi, “Analisis Perbandingan Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor dan Metode Dempster-Shafer pada Penyakit Kelinci,†vol. 5, no. 2, pp. 3–8, 2017.

S. K. M. K. Zulfian Azmi, S.T, M.Kom & Verdi Yasin, Pengantar Sistem Pakar Dan Metode. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

L. Septiana, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ISPA DENGAN,†vol. XIII, no. 2, 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2021-11-30

URN