Implementasi Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Jamur Upas Pada Tanaman Kopi

Authors

  • henny Tiarlinda gultom STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Puji Sari Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Drs Ahmad Calam STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.1326

Abstract

Banyak petani di Indonesia yang merasa kewalahan dalam menangani penyakit pada tanaman kopi, terutama untuk penyakit yang disebabkan oleh jamur upas. Hal tersebut dikarenakan jamur upas tidak akan menunjukkan tanda yang spesifik pada saat masa awal menjangkit tanaman kopi. Jamur tersebut hanya akan membentuk miselium dalam tingkat pengamatan mikroskopik (tidak bisa dilihat oleh mata telanjang) baik pada daun ataupun pada batang. Hal ini menyebabkan para petani kopi tidak akan tahu bahwa tanaman kopi mereka terkena serangan jamur upas (kurang lebih 1-2 bulan masa serangan). Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu membantu petani dalam melakukan pendiagnosaan terhadap penyakit jamur upas secara dini, agar penanganan dapat dilakukan lebih cepat dan tepat sebelum jamur benar-benar menjangkit tanaman secara penuh. Sistem yang dimaksud adalah sistem pakar.Sistem Pakar adalah sistem informasi yang berisi  pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasiDempster Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasikan kemungkinan dari suatu peristiwa. Dempster Shafer merupakan metode yang mampu mendiagnosa penyakit berdasarkan fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal sesorang ahli atau pakar. Dalam masalah yang dibahas pada penelitian ini akan di rancang sebuah perangkat lunak berbasis desktop yang diharapkan menjadi solusi pemecahan masalah Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer yang dapat membantu untuk mendiagnosa jamur upas 

References

W. M. Kurniawan and K. Hastuti, "PENENTUAN KUALITAS BIJI KOPI ARABIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA PERKEBUNAN KOPI LERENG GUNUNG KELIR JAMBU SEMARANG)," Jurnal SIMETRIS, vol. 8, no. 2, pp. 519-528, 2017.

Ambarwati, "Jamur Upas pada kopi di pagilaran," Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 40-43, 1996.

N. Sari Br Sembiring and M. Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum Application Of Dempster Shafer Method For Diagnosing Diseases Due To Treponema Pallidum Bacteria," 180. CSRID Journal, vol. 9, no. 3, 2017.

Nas. Inform., vol. 2014, no. semnasIF, pp. 92–98, 2014.

Downloads

Published

2021-09-30

URN