SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN KLINIK BUNDA TAMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ASSOCIATIVE MEMORY
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.1325Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan perasaan bahagia atau kecewa yang dirasakan oleh seseorang dalam membandingkan antara kinerja atau hasil produk yang dipersepsikan dan ekspektasinya. Seorang pelanggan menyatakan bahwa ia puas atau tidak, itu tergantung pada kinerja produk atau jasa sebuah perusahaan tersebut. Ketika kinerja lebih rendah dibanding ekspektasi, maka pelanggan akan merasa tidak puas. Sedangkan, jika kinerja sama dengan ekspektasi, maka pelanggan akan puas. Namun, apabila kinerja melewati ekspektasi, maka pelanggan akan merasa sangat puas bahkan bisa merasa bahagia (delighted)References
Tjiptono, Fandy; Diana, Anastasia, KEPUASAN PELANGGAN, A. Diana, Ed., Yogyakarta, DI Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI), 2019, pp. 102-103.
I. Ratnasari and N. S. Puspani, "Seminar dan Konferensi Nasional IDEC Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Pratama Abc Kota Bandung Menggunakan Metode Importance Performance Analysis," 2019.
I. Syafi' and M. Sulhan, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISA KEPUASAN PENGUNJUNG LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS KANJURUHAN MALAN DENGAN METODE SERVQUAL".
M. Sari Bunga, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Mahasiswa Baru dengan FAM (Studi Kasus : Politeknik Indramayu)," 2015.
M. Ramadhan, D. Nofriansyah and F. Rizky STMIK Triguna Dharma, "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (ELECTRE) Studi Kasus Kecamatan Borbor," vol. 18, no. SAINTIKOM, pp. 17-29, 2019.
Y. Djahir and D. Pritita, BAHAN AJAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, U. P. Hastanto and Sartono, Cinthia Morris, Eds., Yogyakarta, DI Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2015, p. 7.
H. Anwar, I. Sultan and A. Gorontalo, "Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, 2014.
N. Nurjannah, Z. Arifin and D. M. Khairina, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT," 2015.
K. Yasdomi, r. Rifqi, H. Maradona, H. Kurniawan Sistem Informasi, F. Ilmu Komputer, U. Pasir Pengaraian Jl Tuanku Tambusai and K. Kec Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)," 2019.
S. P. A. M. R. A. S. Annisya Agustina Awalinah, "Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Mobil Dengan Membandingkan Metode Analytic Hierachy Process dan Fuzzy Associative Memory," vol. 03, 2017.
R. Rizal, B. Bustami, D. Azzahra and F. Fadlisyah, "PENDETEKSI TAJWID IDGHAM MUTAJANISAIN PADA CITRA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN FUZZY ASSOCIATIVE MEMORY (FAM)," TECHSI - Jurnal Teknik Informatika, vol. 11, no. 3, p. 395, 28 10 2019.
M. Ihsan Zul and d. Satria Perdana Arifin, "27-40 Dokumen diterima pada 2 Mei," 2016.
*. Marsono, A. Fitri Boy and D. Saripurna, "J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Toko Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM)," â—¼, vol. 78, no. 1, pp. 78-85, 2020.
M. Triputra, E. Sasmita Susanto and W. Ismiyarti, "MACHINE LEARNING BERBASIS ANDROID," 2019.
A. Penira, A. Zahara, M. Ramadhani and M. L. Amin, "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM E-CLAIM PADA PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA CABANG MEDAN," Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, 2020.
M. Rosa A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2018.
S. M. Arif and H. Purwoko, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GUDANG OBAT PADA RUMAH SAKIT UMUM ISLAM MADINAH KASEMBON MALANG," 2018.
B. W. T. I. Henny Ekawati, "Sistem Informasi Pengagendaan Surat Keluar Masuk Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan Polanharjo Dengan Aplikasi Multi User," 2016.