Implementasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Anthrax pada Hewan Kerbau dengan Metode Certainty Fackor Di Tapanuli Utara

Authors

  • Ferianto Sihombing STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Puji Sari Ramadhan S.Kom., M.Kom STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Devri Suherdi S.Kom., M.Kom STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1315

Abstract

       Antraks merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis dan termasuk salah satu penyakit zoonosis. Anthrax disebut juga Radang Lympha, Malignant Pustule, Malignant edema, Woolsorter disease, Rag pickers disease, Charbon. Anthrax disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis yaitu bakteri berbentuk batang, dengan ujung berbentuk persegi dan sudut-sudut yang tampak jelas, tersusun berderet sehingga tampak seperti ruas-ruas bambu. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisa diagnose terhadap penyakit antraks pada kerbau. Kerbau merupakan hewan ternak yang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi. Dengan adanya metode penilitian yang digunakan yaitu metode certainty factor. Metode Certainty Factor merupakan metode di dalam sistem pakar yang tepat dalam pemakaian aplikasi ini sebagai pengukur kepastian dari penyakit yang sedang diderita.

References

C. Clarasinta and T. U. Soleha, “Claudia Clarasinta dan Tri Umiana Soleha |Penyakit Antraks: Ancaman untuk Petani dan Peternak Majority,†2017.

E. Kusbianto, E. S. Pribadi, and A. A. Siregar, “Analisis Biaya Manfaat dan Strategi Pengendalian Penyakit Antraks di Pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat,†J. Vet., vol. 13, no. 4, pp. 378–388, 2012.

S. Sibagariang, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android,†Jurnal TIMES, vol. 3, no. 2. pp. 35–39, 2008.

S. Rahayu, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Radang Selaput Otak (Miningitis) Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor,†pp. 1–26, 2015.

Downloads

Published

2021-11-30

URN