Implementation Metode Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Sawi

Authors

  • Diarto Sinaga STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Milfa Yetri S.Kom.,M.Kom STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ita Mariami S.E., M.Si STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.1312

Abstract

            Sawi tergolong tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sudah sangat populer dikalangan masyarakat. Tanaman sawi juga mengalami penurunan produktivitas apabila wabah penyakit menyerangnya. Sistem pakar merupakan sistem yang  berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli . Metode Certainty Factor merupakan salah satu metode yang terdapat pada sistem pakar yang dapat menghitung  nilai-nilai probabilitas setiap gejala. Maka dengan adanya metode penelitian ini, suatu aplikasi dapat dibangun di dalam compute kemudian di implementasikan kepada masyarakat atau kelompok-kelompok tani untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman Sawi yang terdiri dari 4 jenis penyakit yaitu penyakit busuk daun,penyakit akar gada,penyakit bercak daun dan penyakit busuk alteria dengan tepat dan cepat .

References

A. Ibrahim, J. Raya, P.-P. Km and I. Ogan Ilir, "Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir Berbasis Short Message Service (SMS) Gateway di Fasilkom Unsri," JUSI, vol. 1, no. 2, 2011.

A. Rahman Arinong, H. Rukka and L. Vibriana, "GROWTH AND YIELD OF MUSTARD CROP TREATED WITH BOKASHI," Jurnal Agrisistem, Desember, vol. 4, no. 2, 2008.

T. Purwanto and D. Destiani, "PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT CABAI," 2015.

M. Dahria, "PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DALAM MEMBANGUN SUATU APLIKASI".

N. Julaily and T. Rima Setyawati, "Pengendalian Hama pada Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Menggunakan Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.)," 2013.

F. Nainggolan, H. Desman Hutahaean and A. Gea, "SISTEM PAKAR MENDETEKSI PENYAKIT PADA TANAMAN SAYUR SAWI DENGAN METODE BAYES," Jurnal METHODIKA, vol. 4, no. 1, 2018.

R. Ras Fanny, N. Astuti Hasibuan and E. Buulolo, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ASIDOSIS TUBULUS RENALIS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN PENULUSURAN FORWARD CHAINING," vol. 1, no. 1, 2017.

Downloads

Published

2022-07-21

URN