Penerapan Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Troubleshooting Pada Hardware Lapatop Lenovo Menggunkan Metode Certainty Factor

Authors

  • leo sagala STMIK Triguna Dharma Medan
  • Darjat Saripurna
  • Guntur Syahputra

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1291

Abstract

Pada masa saat ini yaitu masa dimana teknologi adalah salah satu penunjang manusia dalam hal melaksanakan kegiatan ataupun rutinitas sehari-hari nya dalam hal mengakses informasi dan yang paling mendasar terutama dalam membantu setiap pekerjaan dalam bidang komputerisasi.Salah satu permasalahan yang sering terjadi di ruang lingkup pengguna laptop lenovo adalah masalah kerusakan pada laptop tersebut dikarenakan banyak pengguna yang hanya tau menggunakan tapi tidak memiliki pengetahuan di bagian komponen maupun kerusakan yang terjadi di laptop Lenovo tersebut. Bagian atau komponen hadware laptop lenovo dalam jangka waktu tertentu akan mengalami perubahan fisik maupun kerusakan yang menyebabkan laptop lenovo tersebut harus diperbaiki oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi pengguna/user untuk mengetahui  cara  merawat  dan  memberikan pertolongan  pertama ketika laptopnya bermasalah, sebelum memutuskan untuk menyerahkannya ke tempat servis. Informasi yang  diharapkan  dapat  mengatasi  kerusakan yang terjadi, bahkan   buku   manual   yang  disertakan   pun tidak  dapat  mengakomodasi  terhadap  semua kemungkinan   kerusakan,   oleh   karena   itu dirasakan    perlu    dibuat sebuah sistem yang dapat membantu memecahkan  permasalahan  kerusakan  pada Hardware laptop lenovo khususnya pada laptop lenovo sistem tersebut adalah sistem pakar.

References

ELIZABETH GINTING, "PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS T ERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK “ASUS†(STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUDI LUHUR) PERIODE SEPTEMBER – DESEMBER 2014," Jurnal Ekonomi dan Manajemen, vol. 4, no. 2, 2015.

Suciati, "Penggunaan Laptop dalam Perkuliahan di Kelas Manfaat atau Mudharatkah?," 292 Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 17, no. 3, 2017.

A. Irmayana, "Sistem Pakar Diagnosis Persalinan Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor Expert System for Diagnosing Labor of Pregnant Women Using Certainty Factor Method," Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika #3 Tahun, vol. 1, no. 1, pp. 111-118, 2019.

Ayu Cantika, "sejarah-perkembangan-smartphonelenovo," 2016. [Online].

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR MENDETEKSI PENYAKIT KOLESTEROL PADA REMAJA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF) BERBASIS WEB,"Vol 15 no.1 2014.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

E. Ongko, "Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata,Vol.II No. 2: 10-17, 2013.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," Vol 3 no. 1 2018.

Y. Ramadhan Nasution, "SISTEM PAKAR DETEKSI AWAL PENYAKIT TUBERKULOSIS DENGAN METODE BAYES," vol. 1, no. 1, pp. 17-23, 2017.

Level Perdana, "SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE FORWARD CHAINING," Jurnal TIKomSiN, no. ISSN : 2338-4018, 2018.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil and D. Sunardi, "Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT".

Downloads

Additional Files

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles

URN