Penerapan Konsep Selection Decision System Untuk Menentukan Costumer Loyal All Star Dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) Pada PT. Mestika Sakti

Authors

  • Suherni Sianturi STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman S.T., M.Kom. STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami S.E., M.Si. STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.1161

Abstract

Decision Support System yaitu suatu sistem yang membantu dalam pengambilan keputusan terhadap Costumer Loyal All Star Pada PT. Mestika Sakti. Costumer Loyal All Star merupakan program dari PT. Mestika Sakti untuk memilih pelanggan yang berhak dan layak dalam menerima reward. Selama ini PT. Mestika Sakti dalam menentukan Costumer Loyal All Star cukup memakan waktu lama dan proses yang cukup panjang .Sehingga pada saat ini di gunakanlah metode Additive Ratio Assessment dalam menentukan Costumer Loyal All Star secara ringkas. ARAS merupakan suatu metode yg digunakan dalam pengambilan keputusan multikriteria pada konsep perangkingan menggunakan utility degree.Hasil penelitian ini adalah : Pertama berdasarkan analisa pengaruh sistem pendukung keputusan ditandai dengan semakin mudah prosedur penentuan dan hasil yang di dapat, Kedua Berdasarkan perancangan sistem pendukung keputusan dengan metode ARAS digunakan dalam menentukan Costumer Loyal All Star. Ketiga Berdasarkan pengujian dalam upaya pemodelan di awali dengan analisis masalah kebutuhan. Keempat Berdasarkan konsep sistem pendukung keputusan berbasis Web Programming dalam menentukan Costumer Loyal All Star.

References

H. Himawan and O. Ristika, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pelanggan Terbaik Pada Tb Bangun Jaya,†pp. 1–9.

Herdiana, “Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Publik Pada Bagian Humas Dan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.

H. Susanto, I. Pendahuluan, A. S. P. Keputusan, P. Decision, and M. Matrix, “PENERAPAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUSU GYM,†vol. 13, pp. 1–5, 2018.

F. Andalia and E. B. Setiawan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PADANG Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ) Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),†J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. Vol. 4, No, no. Sistem Informasi, Pencari Kerja, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Java, pp. 2089-9033 93–97, 2017.

D. Priyanti, “Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan,†IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 2, no. 4, p. 56, 2016.

I. Sultan and A. Gorontalo, “Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah Herson Anwar A . Pendahuluan Membuat keputusan merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari baik secara individu ataupun secara kelompok , terutama dalam suatu organisasi . Pengambilan kep,†vol. 8, no. April, 2017.

A. Saputra, “Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Memilih Komputer (Laptop) Dengan Menggunakan Metode Analitical Hierarcy Process (AHP),†J. Sist., vol. 3, no. 2, pp. 14–28, 2018.

D. L. Kurniasih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. III, no. April, pp. 6–13, 2016.

C. Maulana, A. Hendrawan, and A. P. R. Pinem, “Pemodelan Penentuan Kredit Simpan Pinjam Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras),†vol. 15, no. 1, pp. 7–11, 2019.

U. I. Gorontalo, “MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 4, no. 1, 2019

Downloads

Published

2022-07-21

URN