Penerapan Metode Theorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit Gastroenteritis Pada Kelinci Jenis Lion Head

Authors

  • Dinda Widyana STMIK Triguna Dharma Medan
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma Medan
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.1114

Abstract

Peternakan Aditya Rabbit Thie Medan memiliki kendala dalam permasalahan penyakit khususnya penyakit diare pada hewan ternaknya yaitu kelinci, dikarenakan pemilik dari peternak ini tidak pernah melibatkan dokter hewan maupun pakar hewan dalam upaya penyembuhan hewan ternaknya ,mengakibatkan pemilik ternak tidak jarang juga melakukan kesalahan dalam pemberian obat yang dilakukan secara langsung yang hanya diketahui peternak melalui media internet.Sistem Pakar merupakan salah satu dari kecerdasan buatan juga merupakan bidang ilmu yang muncul seiring perkembanan ilmu komputer saat ini, dan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pada Peternakan Aditya Rabbit Thie Medan terkait mendeteksi penyakit diare pada hewan kelinci diperternakan ini adalah Teorema Bayes. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pemilik dari peternakan tersebut dalam mendeteksi penyakit diare dan upaya penyembuhan penyakit pada kelinci di Peternakan Aditya Rabbit Thie Medan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya metode Teorema Bayes maka dihasilkan dari gejala – gejala yang telah diinputkan hasil yang didapatkan adalah penyakit  Gastroenteritis pada kelinci di Peternakan Aditya Rabbit Thie Medan. Perhitungan dari data gejala yang sudah ditentukan dan telah disempurnakan ke dalam sebuah aplikasi. Dari aplikasi ini diharapkan membantu pihak Peternakan Aditya Rabbit Thie Medan dalam mengupaya kesembuhan penyakit Gastroenteritis pada kelinci.

References

R. Pox and V. Rabbit, “BEBERAPA PENYAKIT PENTING PADA KELINCI DI,†pp. 168–175, 2005.R. Ramadhan, I. F. Astuti, and D. Cahyadi, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia Menggunakan Metode Certainty Factor,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 263–269, 2017.

“No Title,†1999.

P. Sistem, P. Diagnosa, P. Asidosis, R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “RENALIS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN PENULUSURAN FORWARD CHAINING,†vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

A. W. Utami, R. S. Putra, F. Teknik, and U. N. Surabaya, “Sistem pakar identifikasi penyakit tanaman bawang merah menggunakan metode teorema bayes,†vol. 04, pp. 46–50, 2015.

Downloads

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN