SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN AGEN TUPPERWARE TERBAK PADA PT BAHANA ERIASAFA GEMPITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MOORA(MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS)

Authors

  • Berta Rumahorbo STMIK TRIGUNA DHARMA
  • DARJAT SARIPURNA
  • RINA MAHYUNI

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menciptakan dan merancang sistem Pendukung keputusan menetuntukan agen Tupperware terbaik pada PT. Bahana Eriasafa Gempita, dimana pada Perusahaan tersebut untuk menetukan insentif terhadap Agen/ Sales force masih menggunakan sistem manual belum begitu efektif dan efisien, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial antar agen.Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah suatu sistem Pendukung Keputusan Menentukan Agen Tupperware terbaik yang efektif dan efisien berbasis Visual Basic. Dengan adanya sistem tersebut dapat mempermudah pihak Manajemen ataupun Pimpinan perusahaan dalam menentukan Agen terbaik serta memberikan insentif yang sesuai dengan kinerja Agen, dan mengurangi terjadinya kecemburuan sosial antar Agen/Sales Force.Hasil dari sistem ini menunjukkan bahwa Perusahaan dapat lebih cepat dan tepat dalam melakukan pengolahan dan pemeriksaan nilai masing-masing Agen serta lebih mudah untuk menentukan perangkingan dan penyesuaian insentif bagi setiap Agen yang aktif. .Kata Kunci : Tuppware, Moora , Sistem Pendukung Keputusan

References

Tupperware, “About Us.†[Online]. Available: https://site.tupperware.co.id/shecan/Pages/About. [Accessed: 11-Jan-2020].

W. R. Aditya, “Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Pada Event Tupperware Home Party Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru),†J. ilmu Komun., vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2017.

K. A. Pratiwi, “Modal Sosial Pada Multi Level Marketing Tupperware Di Kota Semarang,†Universitas Negeri Semarang, 2015.

M. Adilah, Y. R. Putri, and B. P. Satria Putri, “Pengaruh Direct Selling Terhadap Loyalitas Member Tupperware di Bandung,†e-Proceeding Manag., vol. 3, no. 2, pp. 2645–2654, 2016.

V. C. Hardita, E. Utami, and E. T. Luthfi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 138–150, 2018.

D. S. Utsalina and L. Khamidah, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Sales Penerima Insentif Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (studi kasus: CV Anugerah Berkat Abadi),†SMATIKA J., vol. 7, no. 2, pp. 8–20, 2017.

A. T. Lestari, “Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Berbasis Web pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Komisi untuk Salesman PT. Bandar Trisula Palembang,†Politeknik Negeri Sriwijaya, 2018.

A. Yulianto, S. D. Putra, and R. Haroen, “Sistem Informasi Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Salesman dengan Metode Simple Additive Weight Berbasis Web Pada PT. Dua Berlian,†JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 3, no. 2, pp. 103–109, 2019.

G. Lumbantoruan and E. Rosinta Br Simarmata, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wali Kelas Berdasarkan Prestasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting ( Studi Kasus SMK Brigjend Katamso Medan ),†vol. 17, pp. 231–236, 2018.

E. J. G. Harianja and G. Lumbantoruan, “Penerapan Metode TOPSIS dalam Menentukan Penerima Bantuan Bedah Rumah Pada Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Deli Serdang,†J. Times, vol. VI, no. 2, pp. 34–46, 2017.

P. Winoto, A. Fathoni, and A. T. Haryono, “Pengaruh Retailer Performance , Sales Force , Dan Servis Quality Terhadap Customer Trust Dengan Word of Mouth ( Wom ) Sebagai Variabel Intervening Di Pt H3I Indonesia,†J. Manage., vol. 2, no. 2, p. 110, 2016.

Suhaji and T. Widiastuti, “Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Penjualan Farmasi di Semarang),†J. Din. Ekon. Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 157–180, 2016.

H. Purbasari and A. Veno, “Analisis Pengaruh Sales Training Terhadap Efektivitas Penjualan Dengan Dimediasi Kinerja Penjualan ( Medical Representatif ),†Invent. J. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 11–24, 2019.

T. N. L. Husna, “Pengaruh Motivasi Kerja, Brand Image Dan Pemberian Bonus Terhadap Keputusan Menjalankan Bisnis Multi Level Marketing Tupperware Di Ponorogo,†Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2018.

L. Ahmad and Munawir, Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi, 1st ed. Banda Aceh: Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA), 2018.

S. Fadli and M. Rizqi, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Siswa Baru Kelas Unggulan dengan Metode MOORA ( Studi Kasus : MTs N 1 LOMBOK TENGAH ),†J. Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. April, pp. 23–30, 2019.

K. Erwansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mitra Kerja Entri Data Baru Pada Badan Pusat Statistik Kota Medan Menggunakan Metode MOORA ( Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ),†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 35–40, 2019.

Downloads

Published

2021-12-30

URN