PENERAPAN DATA MINING DALAM MENGANALISA DATA PENJUALAN UNTUK MENDAPATKAN POLA REKOMENDASI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA MINI MARKET DELI SAUDARA PERBAUNGAN

Authors

  • Nurlaila Agustina STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v5i2.2855

Abstract

Pertumbuhan mini market sedang berkembang pesat hampir di setiap kotaMaupun kabupaten sudah berdiri mini market. Mini market adalah sebuah toko retail yang bergerak dibidang perdagangan barang atau kebutuhan rumah tangga, sama halnya seperti mini market yang lainnya, dengan persaingan yang semangkin ketat, Mini market Deli Saudara sering mengalami kenaikan atau penurunan omset penjualan. Maka dengan mencari analisa data penjualan terhadap barang yang terjual pada mini market deli saudara perbaungan. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memcari pola rekomendasi penjualan barang yang ada di Mini Market Deli Saudara Perbaungan adalah dengan menggunakan teknik data mining. Adapaun teknik yang digunakan dalam hal ini adalah Algoritma Apriori. Apriori adalah aturan yang menyatakan asosiasi antara beberapa atribut untuk menemukan aturan satu kombinasi item atau lebih. Hasil dari penelitian ini adalah, kombinasi item barang yang memiliki keterkaitan yang diolah dengan teknik data mining menggunakan algoritma apriori dapat membantu pemilik Mini Market Deli Saudara Perbaungan dalam mengambil keputusan untuk menentukan perencanaan strategi promosi penjualan dan strategi pemasaran produk berdasarkan data penjualan pada Mini Market Deli Saudara Perbaungan.

Author Biographies

Nurlaila Agustina, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

ismail hasang muhammad nur, “Usaha Mikro Di Kota Parepare,†vol. 2, no. 2, pp. 263–279, 2019.

Z. Hakim, A. R. Mariana, and N. Safitri, “Kepuasan Pelanggan di Minimarket,†J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 2, 2018.

A. Ulumuddin et al., “Implementasi Data Mining Dengan Metode Association Rule Pada Aplikasi Business Analytic Data Penjualan,†vol. 1, no. 3, pp. 1212–1218, 2018.

J. M. Hasan, L. D. Septiningrum, and A. R. Fachrizal, “Pembangunan Masjid Al-Aulia,†vol. 2, no. 1, pp. 118–125, 2021.

B. A. B. Ii and A. L. Teori, “Basu Swasta,Op.Cit., hal. 5. Henry Simamora, Op.Cit , hal. 24,†Manaj. Pemasar. modren, 2017.

F. Idris, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang,†Univ. Dipenogoro, pp. 19–20, 2017,

S. Megawati, “Analisis Sistem Penjualan Dan Pengelolaan Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Penjualan Madani Collection Di Kudus,†pp. 8–32, 2017, [Online]. Available: http://eprints.stainkudus.ac.id/944/5/5. BAB II.pdf.

S. Hasuna et al., “Implementasi Association Rule & Frequent Pattern Growth Untuk Penentuan Sistem Rekomendasi,†vol. 4, no. September, 2020.

S. Informasi, “Penerapan Data Mining Dalam Menganalisa Data Penjualan Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Pada K3 Mart * Dicky Nofriansyah, Milfa Yetri, Kamil Erwansyah, Suharsil,†vol. 18, no. SAINTIKOM, pp. 176–182, 2019.

V. N. Budiyasari, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, U. Nusantara, and P. Kediri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, 2018.

M. S. Mustafa, M. R. Ramadhan, and A. P. Thenata, “Implementasi Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, p. 151, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i2.106.

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., 2017.

P. Eko, Data Mining-konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAP. yogyakarta.

A. Anas, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian,†J. Ilm. MEDIA SISFO, vol. 14, no. 1, pp. 64–70, 2020.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018,

H. K. W. A. I. K. Dede Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,†J. Interkom, vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i4.56.

R. A.S and M. Shallahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2018.

R. Irviani and R. Oktaviana, “Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N1 Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic,†J. TAM ( Technol. Accept. Model ), vol. 8, no. 1, pp. 63–69, 2017.

A. Nahlah*, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Ms Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang,†J. Sainsmat, vol. IV, no. 2, pp. 175–195, 2015.

N. I. Rika Nofitri, “Integrasi Metode Naive Bayes dan Software RapidMiner Dalam Analisis Hasil Usaha Perusahaan Dagang,†Jurteksi, vol. VI, no. 1, pp. 35–42, 2019.

Downloads

Published

2023-10-18

URN