Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Pola Penjualan Menggunakan Metode Apriori Pada CV. Putra Mineral Water

Authors

  • Syah putra STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.2417

Abstract

Pola penjualan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menentukan strategi penjualan yang berupa penempatan barang dan promo, dengan melihat seberapa sering suatu barang dibeli secara bersamaan pada sebuah toko. CV. Putra Mineral Water merupakan sebuah agen yang menjual peralatan kelengkapan depot air minum. Karena seringnya suatu barang dibeli secara bersamaan pada sebuah toko, maka perlu dilakukan penelitian untuk melihat pola pembelian peralatan kelengkapan depot air minum yang dilakukan agen.Maka itu dilakukanlah sebuah penelitian dengan melihat data-data pembelian peralatan kelengkapan depot air minum yang dilakukan agen. Untuk mendapatkan pola pembelian peralatan kelengkapan depot air minum dengan menggunakan ilmu data mining dengan teknik association rules menggunakan metode algoritma apriori.Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian tersebut maka dapat dilihat pola pembelian peralatan kelengkapan depot air minum pada CV. Putra Mineral Water. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dilihat dari pasangan peralatan kelengkapan depot air minum yang sering terjual secara bersamaan.

References

Latifah, Vania Nuraini, Muhammad Tanzil Furqon, and Nurudin Santoso, “Implementasi Algorime Modified-Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Sebagai Strategi Penempatan Barang Dan Promo,†Vol. 2, No. 10, Oktober 2018.

Yusnifar, Ahmad (2017) ,“Rancangan Bangun Sistem Depot Air Minum Berbasis Sensor MQ-2,†Diploma Thesis, UIN SunanGunungDjati Bandung, Hal. 1.

Putra,Mifza Ferdian,dkk,â€RancanganBangunAlatPendeteksiKeamanan Usaha Depot Air Minum Dengan Sensor MQ-6 Berbasis Microcontroller Melalui Smartphone Sebagai Media Informasi,â€Program StudiIlmuKomputer FKTI UniversitasMulawarman, Vol. 12, No. 1, Februari 2017.

D. S. Kusmono, M. A. Bijaksana, and D. Darmantoro,â€Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada Rdbms Oracle,â€TETRIKA-J.Penelit. Dan Pengemb. Telekomun. Kendali, Komputer,Elektr. Dan Elektron.,vol.8, no.1 pp.1-5,2016, doi:10.25124/tektrika.v8il.215.

Hadi,Audia Fitrul, “ANALISIS DATA MINING UNTUK MENENTUKAN VARIABEL – VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KELAYAKAN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH MENGGUNAKAN TEKNIK KLASIFIKASI,â€UPI YPTK JurnalKom. Tek. Info Vol. 4, No. 1, Juni 2017, Hal. 108-115.

Maulana, Algifanri, and AlfannisaAnnurullahFajrin,â€Penerapan Data Mining UntukAnalisisPolaPembelianKonsumenDenganAlgoritmaFpgrowthPada Data TransaksiPenjualan Spare Part Motor,†UniversitasPuteraBatam, Vol. 05, No.01,Februari 2018.

Gunadi, Goldie, and Dana IndraSensuse,â€PENERAPAN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK BUKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) : STUDI KASUS PERCETAKAN PT. GRAMEDIAâ€,Jurnal TELEMATIKA MKOM Vol.4 No.1, Maret 2012,

Hakim,Lukmanul, danAkhmadFauzy,â€PENENTUAN POLA HUBUNGAN KECELAKAAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULES DENGAN ALGORITMA APRIORI (StudiKasus:TingkatKecelakaan di Jalan Raya KabupatenSleman),â€University Research Colloquium 2015,ISSN 2407-9189.

Downloads

Published

2019-02-25

URN