Sosialisasi Dan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Digital Pada SMKN 2 Medan

Authors

  • Syarifah Fadillah Natasha Politeknik Ganesha Medan
  • Siti Julianita Siregar STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Meri Sri Wahyuni STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rita Hamdani STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Erika Fahmi Ginting STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Lusiyanti . STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Feri Setiawan STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9571

Abstract

SMK merupakan salah satu produk pendidikan vokasi. Dimana vokasi memberikan keterampilan tertentu kepada peserta didik. Pemanfaatan teknologi digital memberikan kemudahan terhadap guru dalam mengembangkan kreatifitas pembelajaran yang interaktif dan müdah difahami oleh peserta didik. SMK pendidikan vokasi memainkan peran penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk masuk ke dunia kerja dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh industri dan masyarakat. SMKN 2 Medan merupakan salah satu SMKN di Provinsi Sumatera Utara yang mencetak peseta didik berprestasi. Untuk menjaga kualitas output yang dihasilkan Haiti peserta didik yang kompetan, maka guru di SMKN 2 terus berinovasi terhadap bahan pengajaran, dalam peningkatan SDM internal di SMKN 2 Medan. Sosisalisasi dan pembuatan bahan ajar interaktif digital menggunakan pemanfaatan perangkat multimedia. Sosialisasi dan pembuatan bahan ajar ini bertujuan memberikan pemahaman dan penerapan teknologi multimedia kapada guru khususnya di SMKN 2 Medan serta sebagai alat peraga pembelajaran yang interaktif, komunikatif dan inovatif.

References

… I. J.-J. B. dan, & 2013, undefined. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id, 2(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1177511&val=7242&title=Program%20Bimbingan%20Karir%20untuk%20Meningkatkan%20Kematangan%20Karir%20Siswa%20SMK

Imamah, Z., Gender, M. M.-Y. J. S. I., & 2020, undefined. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Ejournal.Uinsaizu.Ac.Id, 15(2). http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/3917

Kejuruan, D. L.-V. J. I. P., & 2022, undefined. (2022). Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika SMK Diponegoro Banyuputih. Jurnalp4i.Com, 2(4). https://www.jurnalp4i.com/index.php/vocational/article/view/1752

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114

Rezky, S., Information, D. S.-J. (Journal of, & 2019, U. (2020). Penerapan E-Book Infografis Sosialiasi Virus Rubella Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Ojs.Amikimelda.Ac.Id, 2(2), 15–31. http://ojs.amikimelda.ac.id/index.php/JITAKU/article/view/32

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). MODUL VIRTUAL: MULTIMEDIA FLIPBOOK DASAR TEKNIK DIGITAL. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Widodo, H., Sari, D., Wanhar, F., Ilmu, J. J.-E. J., & 2021, undefined. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif.Org, 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.1028

Downloads

Published

2024-01-30