Pelatihan Pembelajaran Computational Thinking Untuk Guru SMP 1 Negeri Baleendah
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9570Abstract
Salah satu misi dari SMP Negeri 1 Baleendah adalah melaksanakan proses belajar dan bimbingan secara efektif yang dapat menggali seluruh potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat menghasilkan siswa yang berprestasi. Peningkatan prestasi siswa dapat diraih dengan berbagai cara, salah satunya dengan peningkatan kompetensi Computational Thinking (CT). Aktifitas CT dengan format permainan dan multidisiplin dapat meningkatakan kreativitas dari siswa. Pemberian pelatihan aktifitas CT Unlugged seperti Lego-Clone dan Educational Robot dan Plugged dengan pengembangan games, animasi, dan video dengan media Scratch dapat meningkatan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar dan media pembelajaran yang kreatif dan menarik. Tahapan pengabdian terdiri dari analisa situasi dan kebutuhan, perancangan bahan ajar pelatihan, pelaksanaan pelatihan, pendampingan peserta pelatihan, evaluasi dan capstone project. Dari hasil evaluasi, kemampuan CT guru yang mengikuti pelatihan meningkat. Selain itu, guru-guru yang mengajar mata Pelajaran berbeda berhasil berkolaboarsi mengembangkan bahan ajar sederhana berbasis CT yang multidisiplin menggunakan Scratch. Selain melakukan pelatihan, Guru berhasil menyelesaikan Capstone Project yang berupa Implementasi CT untuk bahan ajar mulai dari inisiasi ide, pembuatan bahan ajar dan implementasi pada kegiatan belajar mengajar pada masing-masing kelas.References
Baratè, A., Ludovico, L. A., & Malchiodi, D. (2017). Fostering Computational Thinking in Primary School through a LEGO®-based Music Notation. Procedia Computer Science, 112(December), 1334–1344. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.08.018
Cervera, N., Diago, P. D., Orcos, L., & Yáñez, D. F. (2020). The acquisition of computational thinking through mentoring: An exploratory study. Education Sciences, 10(8), 1–11. https://doi.org/10.3390/educsci10080202
Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational Thinking: A Guide for Teachers. Computing At School, October 2018, 18.
Daniel Ness, S. J. F. (2007). Blocks, Bricks, and Planks Relationships between Affordance and Visuo-Spatial Constructive Play Objects s. American Journal of Play, 8(2), 201–227.
Kartarina, K., Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro Universitas Bumigora. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1271
Lenggogeni, L., Roqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Kelas Iv. Journal of Elementary Education, 04(02), 249–256.
Ningsih, A. G., Nursaid, N., Hafrison, M., Indriyani, V., & Kurniawan, K. (2023). Training on Using Prezi as an Innovative Learning Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 608–615. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.13456
Nurmuslimah, H. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Soal Berbasis Kebudayaan Islam dan Computational Thinking. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 78–84.
Pratiwi, U., & Nanto, D. (2019). Students’ Strategic Thinking Ability Enhancement in Applying Scratch for Arduino of Block Programming in Computational Physics Lecture. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 193–202. https://doi.org/10.21009/1.05215
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, K. (2019). Pedoman implementasi muatan/mata pelajaran informatika kurikulum 2013: jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Seckel, M. J., Salinas, C., Font, V., & Sala-Sebastià , G. (2023). Guidelines to develop computational thinking using the Bee-bot robot from the literature. Education and Information Technologies, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11843-0
Sholeh, M., Pradnyana, I. W. J., & Ridhoni, I. W. (2022). Menumbuhkan Minat Anak-Anak dalam Belajar Koding dengan Menggunakan Aplikasi Scratch. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.151
Sriwinarti, N. K., Apriani, A., Supatmawati, D., Kartarina, K., & Ismarmiaty, I. (2022). Pendampingan Proses Pembuatan Soal Berbasis Computational Thinking kepada Guru pada Guru-Guru Tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 209–220. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1568
Suktiningsih, W., Supatmiwati, D., Dasriani, N. G. A., Apriani, A., & Ismarmiaty, I. (2021). Pengenalan Pemikiran Computational Thinking untuk Guru MI dan MTs Pesantren Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 2(1), 91–102. https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.490
Trisnowati, E., Julianto, E., Dewantari, N., & Siswanto. (2021). Pengenalan Computational Thinking dan Aplikasinya dalam Pembelajaran IPA SMP. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 177–182. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4514
Vivi Irzalinda, Nawangsasi, D., & Sugiana. (2021). Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up Untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 887–897. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.4991
Wibawa, H. A., Saputra, R., Sasongko, P. S., Adhy, S., & Rismiyati, R. (2020). Pelatihan Computational Thinking bagi Guru SMP-SMK Muhammadiyah 2 Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 173–178. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.3041
Widiningrum, W. N., Hardyanto, W., Wahyuni, S., Marwoto, P., & Mindyarto, B. N. (2021). Meta-Analisis Media Scratch terhadap Keterampilan Computational Thinking Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.19433