Sosialisasi Stop Bullying Di Madrasa Ibtidaiyah Kh.sundusin Sidomulyo Megaluh Jombang
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9531Abstract
Bullying merupakan masalah serius yang mempengaruhi kesejahteraan siswa di sekolah. Bullying di sekolah dapat dicegah antara lain dengan meningkatkan pengawasan dan menetapkan sanksi yang tepat bagi pelaku kekerasan. Pilihan lainnya adalah dengan memberikan sosialisasi dengan berbagai cara, salah satu caranya adalah dengan memasukkan materi yang menantang dalam pembelajaran yang berdampak positif bagi perkembangan pribadi siswa. Konseling merupakan salah satu metode preventif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Komunitas sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan guru ikut serta dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pesertanya berjumlah 45 siswa kelas 4 dan 5 Madrasah Ibtidiyah KH. Sidomulyo dari Sundus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaktifkan konseling Stop Bullying di Madrasah Ibtidiyah KH. Sisomukti Sidomulyo Jombang untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap tindakan bullying, mengurangi perilaku bullying dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pencegahan bullying dilaksanakan dengan berbagai program efektif seperti bimbingan, konseling dan pendidikan karakter. Sekolah merespons dengan baik pencegahan penindasan di sekolah dengan memberikan bantuan bagi korban penindasan, melatih para pelaku penindasan, dan memulai program pengembangan. Berdasarkan hasil tersebut, sekolah dapat terus melakukan pemantauan meski harus memasang CCTV di setiap sudut sekolah untuk memantau secara ketat perilaku setiap siswa. Sekolah juga memulai program pencegahan perundungan dengan membuat peraturan tertulisReferences
Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian: Dikmas, 03(1), 175–182. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas
Annisa, N. N., Aprilianto, D. S., Suhandani, M., & Jayanti, M. P. (2022). The Role of Education Against Bullying Cases in Indonesia. Khazanah Pendidikan Islam, 4(3), 146–153. https://doi.org/10.15575/kp.v4i3.22860
Arifani, Moh. A., Sari, A. L., & Rifkah. (2018). Aplikasi Regulasi Pembinaan Anak Jalanan Oleh Dinas Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Jispo, 8(2), 147–155. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jispo/article/view/3782
Armitage, R. (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ Paediatrics Open, 5(1), 1–939. https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939
Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8.
Gaffney, H., Farrington, D. P., & Ttofi, M. M. (n.d.). Examining the Effectiveness of School-Bullying Intervention Programs Globally: a Meta-analysis. https://doi.org/10.1007/s42380-019-0007-4
Imani, F. A., Kusmawati, A., & Amin, H. Moh. T. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433
Le Menestrel, S. (2020). Preventing Bullying: Consequences, Prevention, and Intervention. Journal of Youth Development, 15(3), 8–26. https://doi.org/10.5195/JYD.2020.945
Mulati, E. (2022). Cara Mencegah Perundungan dI Sekolah - Pendidikan - www.indonesiana.id. Indonesiana.Id. https://www.indonesiana.id/read/159670/cara-mencegah-perundungan-di-sekolah
Nua, F. (2022). Perundungan di Sekolah, KPAI: Ditampar Hingga Disuruh Makan Sampah. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/498935/perundungan-di-sekolah-kpai-ditampar-hingga-disuruh-makan-sampah
Nurhayaty, E., & Mulyani, A. S. (2020). Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 173–179. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013
O’Higgins Norman, J., Berger, C., Yoneyama, S., & Cross, D. (2022). School bullying: moving beyond a single school response to a whole education approach. Pastoral Care in Education, 40(3), 328–341. https://doi.org/10.1080/02643944.2022.2095419
ramadhan, A., & Prabowo, D. (2022). Kementerian PPPA: 11.952 Kasus Kekerasan terhadap Anak Terjadi Sepanjang 2021, Mayoritasnya Kekerasan Seksual. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/24/15034051/kementerian-pppa-11952-kasus-kekerasan-terhadap-anak-terjadi-sepanjang-2021
Sainz, V., & MartÃn-Moya, B. (2023). The importance of prevention programs to reduce bullying: A comparative study. Frontiers in Psychology, 13(January), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1066358
Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Insititusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24167/jhpk.v1i1.2670
Sommer, F., Leuschner, V., & Scheithauer, H. (2014). Bullying, Romantic Rejection, and Conflicts with Teachers: The Crucial Role of Social Dynamics in the Development of School Shootings - A Systematic Review. International Journal of Developmental Sciences, 8(1–2), 3–24. https://doi.org/10.3233/DEV-140129
Sri Wahyuni, L. (2020). Peran Strategis Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i1.21
Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. Jkep, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710
Wanders, F. H. K., Dijkstra, A. B., Maslowski, R., van der Veen, I., & Amnå, E. (2021). The Role of Teachers, Parents, and Friends in Developing Adolescents’ Societal Interest. Scandinavian Journal of Educational Research, 65(5), 736–751. https://doi.org/10.1080/00313831.2020.1754901
Who, W., Unicef, U., Unesco, U., Unsrsg/Vac, U., & End Violence Against Children, E. V. A. C. (2020). Global Status Report On Preventing Violence Against Children 2020 Executive Summary (Vol. 1).