Sosialisasi Stop Bullying Di Madrasa Ibtidaiyah Kh.sundusin Sidomulyo Megaluh Jombang

Authors

  • Iin Baroroh Maárif Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Yuyun Bahtiar Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khusnul Khotimah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Hanifah Hanifah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9531

Abstract

Bullying merupakan masalah serius yang mempengaruhi kesejahteraan siswa di sekolah. Bullying di sekolah dapat dicegah antara lain dengan meningkatkan pengawasan dan menetapkan sanksi yang tepat bagi pelaku kekerasan. Pilihan lainnya adalah dengan memberikan sosialisasi dengan berbagai cara, salah satu caranya adalah dengan memasukkan materi yang menantang dalam pembelajaran yang  berdampak positif bagi perkembangan pribadi siswa. Konseling merupakan salah satu metode preventif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Komunitas sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan guru ikut serta dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pesertanya berjumlah 45  siswa kelas 4 dan 5  Madrasah Ibtidiyah KH. Sidomulyo dari Sundus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaktifkan  konseling Stop Bullying di Madrasah Ibtidiyah KH. Sisomukti Sidomulyo Jombang untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap tindakan bullying, mengurangi perilaku bullying dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pencegahan  bullying dilaksanakan dengan berbagai program efektif seperti bimbingan, konseling dan pendidikan karakter. Sekolah merespons dengan baik pencegahan penindasan di sekolah dengan memberikan bantuan bagi korban penindasan, melatih para pelaku penindasan, dan  memulai program pengembangan. Berdasarkan hasil tersebut, sekolah dapat terus melakukan pemantauan meski harus memasang CCTV di setiap sudut sekolah untuk memantau secara ketat  perilaku setiap siswa. Sekolah juga memulai program pencegahan perundungan dengan membuat peraturan tertulis

Author Biographies

Iin Baroroh Maárif, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

English Education

Yuyun Bahtiar, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

English Education

Khusnul Khotimah, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Pendidikan Matematika

Hanifah Hanifah, Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

English Education

References

Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian: Dikmas, 03(1), 175–182. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Annisa, N. N., Aprilianto, D. S., Suhandani, M., & Jayanti, M. P. (2022). The Role of Education Against Bullying Cases in Indonesia. Khazanah Pendidikan Islam, 4(3), 146–153. https://doi.org/10.15575/kp.v4i3.22860

Arifani, Moh. A., Sari, A. L., & Rifkah. (2018). Aplikasi Regulasi Pembinaan Anak Jalanan Oleh Dinas Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Jispo, 8(2), 147–155. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jispo/article/view/3782

Armitage, R. (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ Paediatrics Open, 5(1), 1–939. https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939

Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8.

Gaffney, H., Farrington, D. P., & Ttofi, M. M. (n.d.). Examining the Effectiveness of School-Bullying Intervention Programs Globally: a Meta-analysis. https://doi.org/10.1007/s42380-019-0007-4

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Amin, H. Moh. T. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433

Le Menestrel, S. (2020). Preventing Bullying: Consequences, Prevention, and Intervention. Journal of Youth Development, 15(3), 8–26. https://doi.org/10.5195/JYD.2020.945

Mulati, E. (2022). Cara Mencegah Perundungan dI Sekolah - Pendidikan - www.indonesiana.id. Indonesiana.Id. https://www.indonesiana.id/read/159670/cara-mencegah-perundungan-di-sekolah

Nua, F. (2022). Perundungan di Sekolah, KPAI: Ditampar Hingga Disuruh Makan Sampah. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/498935/perundungan-di-sekolah-kpai-ditampar-hingga-disuruh-makan-sampah

Nurhayaty, E., & Mulyani, A. S. (2020). Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 173–179. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013

O’Higgins Norman, J., Berger, C., Yoneyama, S., & Cross, D. (2022). School bullying: moving beyond a single school response to a whole education approach. Pastoral Care in Education, 40(3), 328–341. https://doi.org/10.1080/02643944.2022.2095419

ramadhan, A., & Prabowo, D. (2022). Kementerian PPPA: 11.952 Kasus Kekerasan terhadap Anak Terjadi Sepanjang 2021, Mayoritasnya Kekerasan Seksual. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/24/15034051/kementerian-pppa-11952-kasus-kekerasan-terhadap-anak-terjadi-sepanjang-2021

Sainz, V., & Martín-Moya, B. (2023). The importance of prevention programs to reduce bullying: A comparative study. Frontiers in Psychology, 13(January), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1066358

Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Insititusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24167/jhpk.v1i1.2670

Sommer, F., Leuschner, V., & Scheithauer, H. (2014). Bullying, Romantic Rejection, and Conflicts with Teachers: The Crucial Role of Social Dynamics in the Development of School Shootings - A Systematic Review. International Journal of Developmental Sciences, 8(1–2), 3–24. https://doi.org/10.3233/DEV-140129

Sri Wahyuni, L. (2020). Peran Strategis Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i1.21

Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. Jkep, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710

Wanders, F. H. K., Dijkstra, A. B., Maslowski, R., van der Veen, I., & Amnå, E. (2021). The Role of Teachers, Parents, and Friends in Developing Adolescents’ Societal Interest. Scandinavian Journal of Educational Research, 65(5), 736–751. https://doi.org/10.1080/00313831.2020.1754901

Who, W., Unicef, U., Unesco, U., Unsrsg/Vac, U., & End Violence Against Children, E. V. A. C. (2020). Global Status Report On Preventing Violence Against Children 2020 Executive Summary (Vol. 1).

Downloads

Published

2024-01-30