Sosialisasi Praktek Wudhu Dan Sholat Yang Baik Dan Benar Kepada Siswa Sd Negeri Sidimulyo Megaluh
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9530Abstract
Pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengintegrasikan pendidikan tinggi dengan kepentingan masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan mahasiswa KKN dalam menyosialisasikan praktek wudhu dan sholat yang benar kepada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sidomulyo Jombang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang tata cara wudhu dan sholat sesuai dengan ajaran Islam, sambil memberikan manfaat nyata bagi komunitas setempat. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi, demonstrasi, serta penyediaan materi pendukung berupa brosur dan poster.References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., & Umam, M. H. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat.
Ari, A. W. (2016). Urgensi Shalat Dalam Membentuk Karakter Muslim Menurut Quraish Shihab. Ulunnuha, 6(2), 41–52. https://ejournal.uinib.ac.id
Darsana, I. N. (2016). Panduan Seminar (1st ed.).
Efendi, Moh. Y., Kustiari, T., & Sifatu, W. O. (2013). Metode Pemberdayaan Masyarakat. In Polije Press (Issue January).
Fadilah, M., & Rofi’i, R. (2019). Kajian Materi Shalat pada Kitab Mabadi’ul Fiqhiyyah Juz II dan Fiqh Kementerian Agama RI di MI Nahdlatussalam Anjir Serapat Kabupaten Kuala Kapuas. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(1), 109–123. https://doi.org/10.23971/mdr.v2i1.1832
Harefa, J. (2019). Makna Allah Pencipta Manusia dan Problematika Arti Kata ‘Kita’ di dalam Kejadian 1:26-27. Epigraphe: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(2), 107. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i2.134
Hasyim, S. L. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195
Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282–291. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V23I2.2301
Jannah, N., & Suryadilaga, M. A. (2020). Mengajarkan Shalat Pada Anak Usia Dini Dalam Masa Social Distancing Covid-19 ¬Perspektif Hadis. Al Quds : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 427. https://doi.org/10.29240/ALQUDS.V4I2.1638
Kusumawardani, D. (2021). Makna Wudhu dalam Kehidupan menurut Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 107–118. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14261
Nazla, C. T. F., & Lubis, S. S. (2022). Potential Analysis of Mosque Wudhu Waste As a Picohydro Power Plant. Chimica Didactica Acta, 9(2), 41–45. https://doi.org/10.24815/jcd.v9i2.25068
Nur, I. A. (2019). Peran Fiqih Dan Prinsip Ibadah Dalam Islam. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 20–31. https://doi.org/10.33487/al-mirah.v1i2.346
Sahriansyah. (2014). Ibadah Dan Akhlak. In Iain Antasari Press.
Syam, R., Saleh, A., Purwita, I., Mawandani, N. W., Mayangsari, P., & Maharani, S. (2021). Program Kesehatan Mental “Taking Care of Your Mental Health and Those Around You†Berbasis Online sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Kesehatan Mental Masyarakat. Pengabdi, 2(2), 160–167. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24971
Ulfah, M. (2019). Panduan Program Pengabdian Kepada.