Sosialisasi Dan Instalasi Penggunaan Aplikasi Alarm Clock Berbasis Dekstop Sebagai Bel Sekolah Otomatis
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9465Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas dan manfaat sosialisasi serta instalasi aplikasi alarm clock berbasis desktop sebagai solusi untuk bel sekolah otomatis di lingkungan pendidikan. Aplikasi alarm clock ini dirancang untuk meningkatkan ketepatan waktu dalam menjalankan aktivitas belajar dan mengajar di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dengan cara wawancara dan tanya jawab dengan kepala sekolah dan dewan guru. Penelitian ini mencakup tahap sosialisasi aplikasi kepada guru dan siswa, serta instalasi serta penggunaan aplikasi dalam pengaturan waktu bel sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi aplikasi alarm clock berbasis desktop secara signifikan meningkatkan pemahaman dan penerimaan guru dan siswa terhadap teknologi ini. Selanjutnya, instalasi dan penggunaan aplikasi alarm clock telah memperbaiki ketepatan waktu dalam memulai aktivitas sekolah, mengurangi keterlambatan, dan meningkatkan efisiensi pengaturan bel sekolah otomatis. Aplikasi ini juga memberikan fleksibilitas dalam mengatur jadwal bel sekolah sesuai dengan kebutuhan individu atau sekolah. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang manfaat aplikasi alarm clock berbasis desktop sebagai solusi untuk bel sekolah otomatis. Hasilnya menunjukkan potensi aplikasi ini dalam membantu meningkatkan efisiensi dan disiplin waktu di lingkungan pendidikan. Dengan pemahaman dan penerimaan yang lebih baik terhadap teknologi ini melalui sosialisasi, sekolah dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai alat yang efektif dalam mendukung operasional sekolah yang lebih efisien.References
Adi Widiantono. (2020). Dasar Sistem Informasi. In Adi Widiantono, Skom. Mkom (Vol. 1).
Ginanjar, Eggi G. Bambang Darmawan., Sriyono. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.
Juman, K. K. (2021). Pengembangan Perangkat Lunak (Vol. 1).
Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Ditinjau Dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 15. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410
Linarta, A. (2018). Aplikasi Bel Sekolah Otomatis Berbasis Arduino Dilengkapi Dengan Output Suara. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 10(2), 1–7.
Linarta, A., & Nurhadi, N. (2020). Sistem Informasi Penjadwalan Bel Sekolah Otomatis Berbasis Microcontroller. Jurnal Unitek, 11(2), 87–98. https://doi.org/10.52072/unitek.v11i2.31
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Sd Kristen Di Medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8
Putra, R. R., Hamdani, H., Aryza, S., & Manik, N. A. (2020). Sistem Penjadwalan Bel Sekolah Otomatis Berbasis RTC Menggunakan Mikrokontroler. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(2), 386. https://doi.org/10.30865/mib.v4i2.1957
Suarsana. (2014). Pengetahuan Material Teknik.
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793