Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381Abstract
Branding packaging merupakan salah satu cara untuk memikat calon konsumen UMKM dalam menentukan keputusan untuk membeli produk UMKM. Masih banyak pelaku UMKM yang tidak faham mengenai fungsi branding dan menciptakan branding produk mereka. Dari hasil survey angket yang kami berikan kepada pelaku UMKM di Binjai yang tergabung dalam organisasi IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) 79% belum memahami peran branding produk khususnya sebagai cirikhas produk UMKM, untuk dapat bersaing dipasar global maka UMKM harus terus berinovasi dan mengembangkan produk mereka. Melalui kegiatan pengabdian Masyarakat ini memberi motivasi dan pengetahuan kepada pelaku UMKM khususnya di Binjai. Tujuan dari pengabdian ini selain memotivasi dan memberi sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai peran branding packaging dalam meningkatkan penjualan juga sebagai media promosi digital kepada konsumen, serta sinergi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh akademisi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini bersifat diskusi, ceramah dan praktik branding digital secara visual.References
Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. 2(1).
Entrepreneurial Mindsets & Skill - Hadion Wijoyo - Google Buku. (n.d.). Retrieved July 27, 2021, from https://books.google.co.id
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). PENDAMPINGAN BRANDING DAN PACKAGING UMKM IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DI KOTA MALANG. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/JANAYU.V1I1.11188
Irvan, M. (2015). FASE PENGEMBANGAN KONSEP PRODUK DALAM KEGIATAN PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK. Faktor Exacta, 4(3), 261–274. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55
Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136. https://doi.org/10.31294/JABDIMAS.V2I1.4864