Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD Pertiwi Medan
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10575Keywords:
video animasi, canva, wordwall, game kuis, pembelajaran bahasa inggris, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan metode pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar Pertiwi dengan membuat audio, video animasi menggunakan Canva dan game kuis interaktif menggunakan Wordwall. Inovasi ini dirancang agar mempermudah pemahaman siswa dalam meningkatkan proses pembelajaran materi bahasa Inggris. Proses pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk memastikan kualitas produk yang akan dihasilkan. Video animasi ini digunakan untuk menyampaikan materi secara visual yang menarik dengan menyajikan sebuah karakter animasi 2D, warna, text, dan audio sebagai pendukung maupun isi materi. sedangkan game kuis ini berfungsi sebagai evaluasi yang menyenangkan dan interaktif, dengan menyajikan materi dari hasil video animasi yang telah di lihat. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi bahasa Inggris. Dengan demikian, kombinasi Fl Studio, Canva dan Wordwall dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi tantangan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar Pertiwi.References
Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning
dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi
Dan Kejuruan, 22(4), 454. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran
Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal
Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.
https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil
Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi
Akuntansi, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690
Suryanida, D. P., & Suryatiningsih. (2022). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Audio
Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Epistema, 3(2), 2723–8199.
Suzana, K. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. Wawasan Pendidikan, 2(2), 292–301. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.12999
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113