Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD Pertiwi Medan

Authors

  • Rezha Destiadi Politeknik Negeri Medan
  • Rien Antoni Silalahi Politeknik Negeri Medan
  • Teuku Raihan Azmi Politeknik Negeri Medan
  • Imam Arief Wibisono Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Daffa Suhada Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10575

Keywords:

video animasi, canva, wordwall, game kuis, pembelajaran bahasa inggris, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan metode pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar Pertiwi dengan membuat audio, video animasi menggunakan Canva dan game kuis interaktif menggunakan Wordwall. Inovasi ini dirancang agar mempermudah pemahaman siswa dalam meningkatkan proses pembelajaran materi bahasa Inggris. Proses pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk memastikan kualitas produk yang akan dihasilkan. Video animasi ini digunakan untuk menyampaikan materi secara visual yang menarik dengan menyajikan sebuah karakter animasi 2D, warna, text, dan audio sebagai pendukung maupun isi materi. sedangkan game kuis ini berfungsi sebagai evaluasi yang menyenangkan dan interaktif, dengan menyajikan materi dari hasil video animasi yang telah di lihat. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi bahasa Inggris. Dengan demikian, kombinasi Fl Studio, Canva dan Wordwall dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi tantangan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar Pertiwi.

Author Biographies

Rezha Destiadi, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Rien Antoni Silalahi, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Teuku Raihan Azmi, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Imam Arief Wibisono, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Muhammad Daffa Suhada, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

References

Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning

dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi

Dan Kejuruan, 22(4), 454. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran

Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal

Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil

Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi

Akuntansi, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690

Suryanida, D. P., & Suryatiningsih. (2022). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Audio

Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Epistema, 3(2), 2723–8199.

Suzana, K. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Wawasan Pendidikan, 2(2), 292–301. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.12999

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar

Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Downloads

Published

2025-01-30