Optimalisasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala

Authors

  • Orli Binta Tumanggor Politeknik Negeri Medan
  • Akmal Aditya POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Dimas Alifio Ferari Politeknik Negeri Medan
  • Yogi Pratama Politeknik Negeri Medan
  • Yusril Mahendra Siregar Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10565

Keywords:

kurikulum Merdeka, kosa kata dasar, media interaktif, permainan edukatif, pembelajaran bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan dalam pembelajaranbahasa Inggris di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala. Hasil wawancara dan observasimengungkapkan beberapa permasalahan utama, seperti rendahnya motivasi siswa, dan minimnyakesempatan berinteraksi menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Penyajian media pembelajaran yang menarik, terutama untuk siswa kelas bawah (kelas 1-3), masih menjadi kendala. Di sisi lain, siswa kelas atas (kelas 4-6) lebih tertarik pada media visual dan audio. Selain itu, siswa sering merasapasif dalam keterampilan berbicara, yang memerlukan lebih banyak latihan melalui pendekatanpembelajaran yang inovatif dan interaktif. Konsep pembelajaran yang merepresentasikan kurikulum merdeka belajar dengan menawarkan alternatif pembelajaran seperti animasi pembelajaran kosa kata dasar dan game edukatif dalam memahami bahasa inggris. Dari hasil penelitian ini menyimpulkanbahwa penerapan media pembelajaran visual dan interaktif, seperti buku interaktif dan permainanedukasi dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa Inggris siswa.

Author Biographies

Orli Binta Tumanggor, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Akmal Aditya, POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Dimas Alifio Ferari, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Yogi Pratama, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Yusril Mahendra Siregar, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

References

S. Damarjati and A. Miatun, “Pengembangan Game EdukasiBerbasis Android sebagai Media

Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan BerpikirKritis,” ANARGYA: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, Oct. 2021, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6442.

DEDY DWI SETYAWAN, “PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF

UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR,” 2020.

“Buku Media Pembelajaran Azhar Arsyad.”

M. Fairuz Salsabila, I. N. Af’idah, and D. M. Sofyan Alnashr, “Permainan Edukasi sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Agustus Tahun, vol. 3, no. 2,

p. 2023, doi: 10.35878/guru.v312.828.

A. B. Permana and P. Pujiastuti, “PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATIF

BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB."

Downloads

Published

2025-01-30